Menu

Mode Gelap

LifeStyle · 25 Mei 2024

Lakukan 9 Pola Hidup Sehat Ini agar Tetap Bugar di Usia 50 Tahun


					Lakukan 9 Pola Hidup Sehat Ini agar Tetap Bugar di Usia 50 Tahun Perbesar

Jakarta, jurnalpijar.com —

Siapa yang tidak ingin menikmati masa tua dengan tubuh yang sehat dan bugar? Penting untuk diketahui bahwa ini adalah gaya hidup sehat berusia 50 tahun.

Menurut Max Planck Institute for the Biology of Aging, proses penuaan hanya bisa dilihat dengan munculnya kerutan dan menurunnya sistem imun tubuh.

Kecepatan dan kelangsungan proses penuaan dipengaruhi oleh banyak faktor. Faktor genetik menentukan 10 hingga 15 persen proses penuaan seseorang, dan faktor lainnya termasuk gaya hidup dan pengaruh eksternal.

Mengonsumsi berbagai makanan bergizi dan aktif secara fisik setiap hari dapat membantu Anda tetap sehat seiring bertambahnya usia.

Di usia lanjut, memilih operasi anti penuaan atau mengonsumsi suplemen anti penuaan merupakan hal yang sebaiknya dihindari.

Dalam proses penuaan, manusia seharusnya mulai lebih khawatir setidaknya terhadap perubahan massa otot, gairah seks, penglihatan, dan kesehatan jantung.

Pastinya sebuah impian untuk akhirnya bisa menikmati masa tua dengan tubuh yang sehat. Berikut gaya hidup sehat 50 tahun seperti dilansir Vinmec International Hospital.1. Gunakan lemak sehat.

Lemak jenuh berdampak buruk bagi kesehatan jantung dan fungsi otak. Jadi kurangi konsumsi daging merah, mentega, dan makanan kaya lemak jenuh.

Sebaliknya, sertakan ikan berlemak dan lemak nabati seperti biji rami dan kenari dalam makanan Anda untuk mendapatkan manfaat kesehatan jantung dan otak. Kurangi natrium.

Tekanan darah meningkat seiring bertambahnya usia. Kurangi jumlah garam pada makanan yang Anda makan, terutama makanan kaleng dan olahan.

Sebagai gantinya, makanlah pisang yang kaya potasium untuk menurunkan tekanan darah. Mulailah makan sehat.

Dengan metabolisme yang lambat, pilihlah makanan yang rendah kalori namun tinggi nutrisi. Lebih suka sayuran berdaun hijau, buah-buahan, dan sayuran berwarna.

Sertakan susu rendah lemak dan sereal dengan vitamin B12 dan vitamin D untuk kesehatan tulang 4. Berolahraga secara aktif

Olah raga penting dilakukan bahkan di usia tua. Olahraga seperti jalan kaki atau bersepeda dapat memperkuat otot dan melindungi persendian tanpa meningkatkan risiko cedera.

Olahraga teratur membantu menjaga kesehatan mental dan mencegah masalah memori. Olahraga 30 menit sehari, lima kali seminggu, dapat meningkatkan aliran darah ke otak dan mendorong pertumbuhan sel-sel baru.

Mulailah kebiasaan sehat dengan berolahraga lebih banyak dan makan sehat. Dapat mengurangi risiko penyakit jantung, kanker dan patah tulang. Latihan keseimbangan dan kekuatan

Untuk menghindari jatuh atau cedera serius, dianjurkan melakukan latihan keseimbangan seperti berdiri dengan satu kaki atau berjalan dengan satu kaki.

Tai Chi juga bermanfaat untuk keseimbangan dan mengurangi risiko terjatuh hingga 50%, sedangkan latihan kekuatan penting untuk menjaga massa otot.

Studi menunjukkan bahwa latihan kekuatan pada orang dewasa yang lebih tua dapat membuat otot mereka menyerupai orang berusia 20an.6 Ubah kebiasaan hidup.

Mulailah dengan seks terlebih dahulu, seiring bertambahnya usia, kehidupan seks Anda bisa menjadi lebih positif dengan lebih percaya diri dan pengalaman.

Meski sudah lanjut usia, tidak ada salahnya memelihara hewan peliharaan seperti anjing atau kucing, karena efektif menurunkan risiko penyakit jantung dan menurunkan kolesterol. Tidak ada salahnya mempelajari hal baru.

Mengambil tantangan baru seperti belajar bahasa atau alat musik dapat meningkatkan kesehatan mental dan memberikan kebahagiaan 8. Biasakan bersosialisasi.

Interaksi sosial dengan keluarga dan teman dapat meningkatkan kesehatan mental dan menurunkan risiko penyakit jantung 9. Kualitas tidur yang lebih baik

Pastikan Anda tidur setidaknya tujuh jam setiap malam. Kurang tidur dapat memicu berbagai masalah kesehatan seperti diabetes, tekanan darah tinggi, dan penyakit jantung.

Menerapkan kebiasaan tidur yang baik, seperti menjaga jadwal tidur yang konsisten dan menciptakan lingkungan tidur yang nyaman, dapat membantu meningkatkan kualitas tidur.

Mulai menerapkan pola hidup sehat di usia 50-an dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan fisik dan mental, sehingga Anda dapat menikmati masa tua yang sehat dan bahagia.

(pukulan/pukulan)

Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Pemandu Wisata Bentak Turis karena Ogah Belanja di Toko Suvenir

20 September 2024 - 19:14

Turunkan BB 12 Kg, Ini Menu Makan Sehari-hari Prilly Latuconsina

20 September 2024 - 11:16

Heboh Daftar Makeup Mengandung Karsinogen, Ini Kata BPOM

20 September 2024 - 10:14

Trending di LifeStyle