Menu

Mode Gelap

Edukasi · 31 Mei 2024

Cara Mengetahui Letak Nomor Akta Kelahiran untuk Daftar PPDB


					Cara Mengetahui Letak Nomor Akta Kelahiran untuk Daftar PPDB Perbesar

Jakarta, jurnalpijar.com —

Mengetahui letak nomor akta kelahiran penting dilakukan saat mendaftar PPDB. Sebab, calon peserta harus memberikan nomor akta kelahiran sebagai salah satu syarat pendaftaran.

Akta kelahiran merupakan bukti sah status kelahiran seseorang yang diterbitkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil). Kertas yang dirancang khusus ini berisi informasi tentang identitas anak yang dilahirkan, seperti nama, tanggal lahir, nama orang tua dan tanda tangan pejabat yang berwenang.

Sekolah seringkali meminta siswanya untuk memasukkan nomor akta kelahirannya. Dokumen ini biasanya diperlukan saat mendaftarkan siswa pada berbagai jenjang pendidikan, mulai dari Taman Kanak-kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, hingga Sekolah Menengah Atas. Dimana nomor akta kelahirannya?

Letak nomor akta kelahiran berada di bawah tulisan “Akta Kelahiran” yang besar dan tebal. Biasanya format nomor akta kelahiran mencantumkan nomor registrasi/1 huruf kapital/tahun penerbitan. Contoh: 2936/M/2002.

Namun format penulisan nomor akta kelahiran pada model lama mungkin berbeda dari tahun ke tahun. Misalnya, salah satu format yang digunakan adalah 2637/2005 (4 digit nomor/tahun penerbitan). Hal ini juga berbeda dengan letak nomor di akta kelahiran model baru.

Nomor registrasi akta kelahiran model baru tertera setelah tulisan “Berdasarkan nomor akta kelahiran”. Misal: 7855-AD-17323712-9372, lalu 3578-LU-28112012-0018 dan seterusnya.

Oleh karena itu, sebelum memasukkannya, harap periksa apakah nomor tersebut benar dan benar sesuai dengan yang tertera pada akta kelahiran. Cara Cek Akta Kelahiran Secara Online

Di era digital ini, Anda dapat dengan mudah mengecek dan melihat akta kelahiran secara online. Ada beberapa cara untuk mengecek akta kelahiran Anda secara online. Begini caranya. 1. Melalui website resmi Dukcapil

Untuk mengecek akta kelahiran secara online, Anda dapat mengunjungi website resmi Dukcapil tempat Anda tinggal atau menginap.

Kemudian pilih menu akta kelahiran yang tersedia (biasanya berbeda di setiap website Dukcapil daerah) dan masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) Terdaftar pada kolom yang sesuai. Maka akan muncul datanya. 2. Melalui email

Anda dapat mengecek akta kelahiran melalui email dengan mengikuti langkah-langkah berikut: Pertama, buka aplikasi email di ponsel atau laptop Anda lalu login ke akun email Anda. Kemudian klik opsi untuk menulis atau membuat email baru. Kemudian masukkan alamat email di callcenter.dukcapil@gmail.com dengan subject email “Cek Akta Kelahiran”. Kemudian tulis email yang menjelaskan bahwa Anda perlu memeriksa akta kelahiran. Sebutkan juga nama dan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang terdaftar. Terakhir kirimkan email dan tunggu respon dari pihak yang bersangkutan dalam waktu 1 x 24 jam. Setelah mengirimkan email, harap memeriksa inbox email Anda secara berkala dalam waktu 1 x 24 jam untuk menunggu tanggapan dari pihak terkait.

Fungsi akta kelahiran

Akta kelahiran memiliki beberapa fungsi penting sebagai bentuk perlindungan negara dan pengakuan status hukum anak. Berikut fungsi akta kelahiran. Menerima perlindungan dan pengakuan negara: Akta kelahiran memberikan perlindungan dan pengakuan resmi negara atas status hukum seorang anak, termasuk identitas nama, tanggal dan tempat lahir, orang tua, dan kewarganegaraan. Akses terhadap layanan publik: Anak-anak yang memiliki akta kelahiran memiliki akses yang lebih mudah terhadap berbagai layanan publik, seperti pendidikan, kesehatan, dan bantuan sosial. Perlindungan terhadap tindak pidana: Akta kelahiran melindungi anak-anak dari risiko perdagangan manusia, perkawinan anak, dan bentuk eksploitasi lainnya. Administrasi Kependudukan: Dokumen ini diperlukan untuk pengurusan administrasi kependudukan lainnya, termasuk Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP). Pendaftaran sekolah: Akta kelahiran merupakan salah satu syarat pendaftaran sekolah agar anak dapat memperoleh hak atas pendidikan. Keabsahan identitas seseorang: Akta kelahiran merupakan dokumen yang menjamin keabsahan suatu identitas dan menjadi bukti sah mengenai usia seseorang. Pengelolaan hak waris: Akta kelahiran berfungsi sebagai bukti sah hubungan keluarga.

Dengan cara ini Anda akan mengetahui di mana letak nomor akta kelahiran untuk daftar PPDB agar tidak terjadi kesalahan. Saya harap ini bermanfaat. (sebagian besar/fef)

Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Arti Launching dan Contoh Penggunaannya dalam Kalimat Bahasa Inggris

20 September 2024 - 09:16

3 Cara Cek E-meterai Asli atau Palsu untuk Daftar CPNS 2024

19 September 2024 - 23:16

Jelaskan Pengolahan dan Pemanfaatan Energi Batu Bara, Ini Jawabannya

19 September 2024 - 02:16

Trending di Edukasi