Menu

Mode Gelap

Bola · 4 Jun 2024

3 Momen Krusial Penggunaan Perdana VAR di Championship Series Liga 1


					3 Momen Krusial Penggunaan Perdana VAR di Championship Series Liga 1 Perbesar

Jakarta jurnalpijar.com —

Video Assistant Referee (VAR) akhirnya resmi diperkenalkan pada laga Liga 1 Sepak Bola Indonesia mulai Selasa malam (14/5).

Teknologi ini digunakan pada seri kejuaraan antara Bali United dan Persib Bandung di Gianyar. Pertandingan berakhir 1-1.

Wasit yang memimpin pertandingan adalah Heru Kahyono (tengah), Nurhadi dan Asri (asisten). Wasit VAR yang bertugas adalah Aidil Azmi yang berasal dari Aceh.

Pada 45 menit pertama pertandingan, VAR jarang digunakan. Laga ini berlangsung menegangkan, namun tidak ada situasi yang memaksa penggunaan VAR.

VAR baru digunakan pada babak kedua. Lebih spesifiknya menit 53. Cerita ini bermula dari kejadian yang melibatkan I Kadek Agung Widnyana Putra dan David Aparecido da Silva.

Wasit Heru awalnya ingin melanjutkan pertandingan tanpa ada pelanggaran, namun wasit VAR Idil menghubungi Haru bahwa ada kemungkinan insiden penalti.

Heru membutuhkan waktu setidaknya empat menit untuk memutuskan Bali United layak mendapat hadiah penalti. Beruntung tendangan David membentur Adilson. Maringa memblokirnya.

Yang menarik adalah ketika Heru menuju ke layar tempat tayangan ulang acara breakout tersebut. Para pemain dan pelatih Persib pun berkumpul mengelilinginya. Wasit berusaha diganggu oleh pemain dan pelatih Persib.

Insiden kedua yang melibatkan penggunaan VAR terjadi pada menit ke-73, menyusul insiden antara Jefferson Assist dan Nick Kuipers. Kedua pemain sempat terlibat perseteruan di pinggir lapangan.

Wasit Idil kemudian memberi kode untuk mengecek kejadian tersebut karena ada kemungkinan kartu merah. Setelah menyaksikan tayangan ulang di layar VAR, Heru memutuskan itu bukan kartu merah.

Pada menit ke-83, Bali United menggempur gawang Persib. Namun wasit Heru tak langsung meniup peluit tanda gol. Pasalnya, ada kode dari VAR wasit untuk mengecek gol.

Setelah mengecek peluang offside di layar VAR, Heru akhirnya meniup peluit tanda gol. Hal ini membuat para pemain Serdadu Tridatu senang meluapkan emosinya yang terpendam.

Akibat tiga kali pemeriksaan VAR, babak kedua ditambah 15 menit. Di perpanjangan waktu Maung Bandung berhasil menyamakan kedudukan dengan skor 1-1.

Insiden penting VAR pada laga pertama seri Kejuaraan Liga 1 2023/2024 dinilai berjalan lancar. Keputusan wasit yang salah bisa diperbaiki dengan VAR.

(perut/rantai)

Artikel ini telah dibaca 3 kali

badge-check

Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Verdonk Gembira Diterima dengan Tangan Terbuka di Timnas Indonesia

20 September 2024 - 03:14

Marselino Ferdinan Resmi Gabung Oxford United

19 September 2024 - 18:15

Susunan Pemain Indonesia vs Filipina di Piala AFF U-19: Raven Cadangan

19 September 2024 - 15:15

Trending di Bola