Menu

Mode Gelap

Bola · 7 Jun 2024

Timnas Indonesia vs Tanzania: Ekperimen Baru Apalagi, Shin Tae Yong?


					Timnas Indonesia vs Tanzania: Ekperimen Baru Apalagi, Shin Tae Yong? Perbesar

Jakarta, jurnalpijar.com —

Laga uji coba Indonesia kontra Tanzania di Stadion Madya Senayan, Minggu (2/6) nampaknya menjadi ajang uji coba Shin Tae-yong.

Karena skuad yang dipanggil minim, hanya 22 pemain, ditambah dua pemain baru dan Janse Sayuri harus dipulangkan, eksperimen bisa dilakukan.

Dua pemain baru yang dipanggil adalah Nadeo Argavinata dan Malik Risaldi. Sementara itu, Jans enggan dikeluarkan dari tim setelah mengalami cedera pada sesi latihan pertamanya.

Itu tiga pemain yang tidak bergabung sejak awal. Mereka adalah Jay Idzes, Justin Hubner, dan Jordi Amat. Jordi Amat dan Justin Hübner punya menit bermain yang buruk karena Jay Idzes masih harus membela Venezia dalam perebutan tiket Serie A akhir pekan ini.

Dengan kata lain, Idzes tidak bisa bermain, sedangkan Jordi Amat dan Hübner akan melihat status akhir mereka. Merujuk daftar panggilan timnas, hanya ada dua bek tengah, Rizki Ridho Ramadhani dan Muhammad Ferrari yang siap diturunkan.

Garis pertahanan yang kuat tetap diperlukan untuk menghindari rasa malu melawan Tanzania yang bukan raksasa Afrika tapi lebih baik dari Indonesia di peringkat FIFA.

Lalu siapa yang bisa menjadi pilihan? Jika Jordy dan Hubner dimiliki oleh Shin Tae-yong, nama seperti Sandy Walsh dan Nathan Tjo-A-On bisa dipilih.

Sandy beberapa kali bermain sebagai bek tengah dalam situasi kritis dan krisis pertahanan. Nathan bermain sebagai penjaga gawang di Piala Asia U-23 dan play-off Olimpiade 2024.

Mungkin tak ada yang salah dengan kombinasi Sandy, Ridho, dan Nathan. Karena jumlah bek sayap yang lebih banyak, formasi ini dinilai realistis.

Misalnya saja Asnavi Mangkualam Bahar dan Yakob Sayuri yang menempati posisi bek kanan. Pratama Arhan dan Shane Pattinama masih tersedia untuk posisi bek kiri.

Opsi gelandang tak berkurang ketika lini pertahanan dibubarkan. Setidaknya ada tiga, bahkan empat, yang akan berperan sebagai pengganggu dan penyelenggara dalam permainan tim.

Keempat pemain tersebut adalah Ivar Jenner, Tom Haye, Marcelino Ferdinand, dan Ricky Cambuaya. Khususnya dengan Marcelino, Sheen sering kali memulai sebagai pemain sayap atau winger.

Kalau komposisi belakang dan tengah aman, bagaimana dengan depan? Cadangan pemain sayap itu cukup besar. Namun tidak ada pemain yang merupakan striker murni.

Baca lanjutan berita ini di halaman selanjutnya >>>

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Verdonk Gembira Diterima dengan Tangan Terbuka di Timnas Indonesia

20 September 2024 - 03:14

Marselino Ferdinan Resmi Gabung Oxford United

19 September 2024 - 18:15

Susunan Pemain Indonesia vs Filipina di Piala AFF U-19: Raven Cadangan

19 September 2024 - 15:15

Trending di Bola