Menu

Mode Gelap

LifeStyle · 20 Jun 2024

Apa Bahaya Turbulensi buat Tubuh Seperti Kasus Singapore Airlines?


					Apa Bahaya Turbulensi buat Tubuh Seperti Kasus Singapore Airlines? Perbesar

Jakarta, jurnalpijar.com —

Pada Selasa (21/5), satu orang meninggal dunia dan puluhan lainnya luka-luka akibat turbulensi hebat yang terjadi pada pesawat Singapore Airlines saat sedang dalam penerbangan dari London menuju Singapura.

Apa saja risiko gangguan tersebut pada tubuh?

Maskapai tersebut mengatakan bahwa pesawat Boeing 777-300ER tersebut mengalami turbulensi parah dan terpaksa melakukan pendaratan darurat di Bandara Internasional Suvarnabhumi Bangkok di Thailand pada pukul 15.45 waktu setempat.

Seorang pria berusia 73 tahun meninggal setelah pertengkaran hebat. Pihak berwenang menduga dia meninggal karena serangan jantung.

Peristiwa kemarin menunjukkan bahwa kerusuhan bisa berbahaya dan bahkan mematikan.

Apa itu turbulensi?

Turbulensi pada dasarnya adalah pergerakan udara yang tidak stabil dan tidak dapat diprediksi. Seperti yang dikatakan Associated Press, kebanyakan orang mengasosiasikannya dengan badai besar.

Padahal, jenis bahayanya adalah gangguan cuaca luar ruangan yang terjadi tanpa peringatan.

Tidak hanya di pesawat terbang, turbulensi juga bisa berdampak pada penumpang, apalagi jika turbulensinya cukup kuat.

Menurut Larry Korneman, fisikawan dan ilmuwan di Pusat Penelitian Atmosfer Nasional US National Science Foundation, kematian akibat turbulensi atmosfer jarang terjadi.

Kematian terkait turbulensi dapat terjadi akibat serangan jantung, cedera kepala pada penumpang yang terbentur atap pesawat, atau akibat jatuhnya bagasi.

“Apa pun yang dapat menyebabkan kematian di darat pasti dapat menyebabkan kematian di dalam tabung aluminium pada ketinggian 35.000 kaki,” kata Kornman, seperti dilansir CNBC.

Oleh karena itu, hal terpenting yang dapat Anda lakukan agar tetap aman selama penerbangan adalah mengenakan sabuk pengaman dan memastikan sabuk pengaman terpasang meskipun tidak ada turbulensi.

Federal Aviation Administration (FAA) menyarankan penumpang untuk mengambil beberapa langkah selama penerbangan. Perhatikan petunjuk keselamatan selama perjalanan untuk anak di bawah dua tahun

(terakhir/poin)

Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Turunkan BB 12 Kg, Ini Menu Makan Sehari-hari Prilly Latuconsina

20 September 2024 - 11:16

Heboh Daftar Makeup Mengandung Karsinogen, Ini Kata BPOM

20 September 2024 - 10:14

20 Kota Termahal di Dunia 2024, Ada dari Negara Tetangga Indonesia

20 September 2024 - 01:17

Trending di LifeStyle