Menu

Mode Gelap

LifeStyle · 26 Jun 2024

Keutamaan Puasa Tarwiyah dan Arafah, Berlimpah Pahala dan Ampunan Dosa


					Keutamaan Puasa Tarwiyah dan Arafah, Berlimpah Pahala dan Ampunan Dosa Perbesar

Jakarta, jurnalpijar.com —

Banyak keutamaan yang patut diketahui umat Islam tentang puasa Darwiya dan Arafah. apa pun?

Puasa Darwiya dan Arafa dilaksanakan dua hari sebelum Idul Adha atau pada tanggal 8 dan 9 Zulhijjah.

Tahun ini, libur Idul Adha jatuh pada Senin (17/6). Artinya, puasa sunah Idul Adha berlangsung pada Sabtu (15/6) untuk Darwiya dan Rabu (16/6) untuk Arafa.

Puasa ini dianggap istimewa karena dilaksanakan pada sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah, atau hari yang dicintai Allah. Selama ini, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak amalan Sunnah lainnya.

Anjuran puasa Darwiya dan Arafah dijelaskan dalam hadis Nabi Muhammad SAW:

Artinya, “Puasa di hari Tarwiyah menghapus dosa satu tahun. Puasa Arafah menghapus dosa dua tahun” (HR Abus Syekh Al-Ishfahani dan Ibnun Najar Keutamaan Puasa Tarwiyah dan Arafah) .

Seperti puasa sunnah lainnya, kedua puasa Idul Adha ini dilaksanakan mulai terbit fajar hingga terbenam matahari dengan cara menahan lapar dan syahwat.

Kedua puasa ini mempunyai manfaat yang berbeda-beda. Di bawah ini beberapa keutamaan puasa Darwiya dan Arafah yang dirangkum dari berbagai sumber.1. Imbalan yang melimpah

Barangsiapa yang melaksanakan ibadah sunnah pada 10 hari pertama bulan Dzulhijjah, maka ia akan mendapat pahala yang besar. Pahala yang berlimpah ini berlaku bagi umat Islam yang berpuasa Darwiya dan Arafah 2. Pengampunan dosa

Dikatakan bahwa Allah akan mengampuni dosa orang yang menjalankan puasa Darwiya dan Arafah.

Dharwiyyah merupakan tahun dosa bagi orang yang berpuasa. Dan salat dua tahun bagi orang yang berpuasa di Arafah, setahun sebelum dan setahun sesudahnya. Berbuat baiklah di hari istimewamu

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, 10 hari pertama bulan Dzul Hijah merupakan hari-hari istimewa. Amalan sunnah yang dilakukan selama 10 hari dianggap amal shaleh pada hari istimewa.4. Hal ini setara dengan puasa satu tahun penuh

Hadits Darwiyyah mengibaratkan puasa dengan puasa setiap hari selama setahun. Sedangkan puasa Arafat setara dengan puasa dua tahun penuh.

“Barangsiapa berpuasa 10 hari, maka setiap hari seperti puasa sebulan. Dan puasa di hari Darwiya seperti puasa satu tahun, tetapi puasa di hari Arafah seperti puasa dua tahun,” kata hadits. .

Itulah beberapa manfaat puasa Darwiya dan Arafah. Saya harap ini bermanfaat.

(Tim/Bua)

Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Turunkan BB 12 Kg, Ini Menu Makan Sehari-hari Prilly Latuconsina

20 September 2024 - 11:16

Heboh Daftar Makeup Mengandung Karsinogen, Ini Kata BPOM

20 September 2024 - 10:14

20 Kota Termahal di Dunia 2024, Ada dari Negara Tetangga Indonesia

20 September 2024 - 01:17

Trending di LifeStyle