Menu

Mode Gelap

Bola · 13 Jul 2024

Merih Demiral Bantah Lakukan Selebrasi Berbau Rasial di Euro 2024


					Merih Demiral Bantah Lakukan Selebrasi Berbau Rasial di Euro 2024 Perbesar

Jakarta, jurnalpijar.com.

Pemain Turki Merih Demiral membantah melakukan selebrasi rasis di babak 16 besar Euro 2024 melawan Austria.

Merih Demiral mencetak dua gol untuk Turki dalam kemenangan 2-1 atas Austria. Dua gol pemain berusia 26 tahun itu membawa Turki ke perempat final Euro 2024.

Namun upacara Demiral menimbulkan reaksi beragam dari masyarakat. Ada pula yang menilai selebrasi gol pemain Al Ahli itu punya makna negatif lain.

Dalam selebrasi gol tersebut, Demiral mengangkat kedua tangannya dan membentuk bentuk kepala serigala dengan jari-jarinya. Hal ini diterjemahkan menjadi simbol kelompok sayap kanan Turki, Serigala Abu-abu, yang dianggap bermasalah oleh banyak negara Eropa, termasuk Jerman.

Namun Demiral membantah tudingan tersebut. Ia mengatakan, upacara ini merupakan simbol identitas Turkinya. Dia bangga melihat fans Turki di tribun melakukan hal yang sama.

“Cara saya merayakan gol berkaitan dengan identitas Turki saya. Itu sebabnya saya melakukan gerakan ini. Saya melihat banyak orang di stadion juga melakukan gerakan ini,” kata Demiral seperti dikutip NOS.

“Tidak ada pesan tersembunyi. Kita semua orang Turki dan saya bangga menjadi orang Turki, itulah mengapa saya menggunakan isyarat ini,” tambahnya.

Sebelumnya diberitakan, sang bek tengah terancam sanksi UEFA usai selebrasi kontroversialnya. UEFA saat ini sedang menyelidiki sikap Demiral.

“Penyelidikan telah dibuka berdasarkan Pasal 31 (4) Peraturan Disiplin UEFA terhadap perilaku tidak pantas yang dilakukan pemain Federasi Sepak Bola Turki Merih Demiral. Informasi lebih lanjut mengenai masalah ini akan tersedia pada waktunya,” demikian pernyataan UEFA. Oleh Penjaga.

(ptr/ptr)

Artikel ini telah dibaca 3 kali

badge-check

Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Verdonk Gembira Diterima dengan Tangan Terbuka di Timnas Indonesia

20 September 2024 - 03:14

Marselino Ferdinan Resmi Gabung Oxford United

19 September 2024 - 18:15

Susunan Pemain Indonesia vs Filipina di Piala AFF U-19: Raven Cadangan

19 September 2024 - 15:15

Trending di Bola