Menu

Mode Gelap

Edukasi · 14 Jul 2024

Tema dan Logo Hari Lahir Pancasila 2024 yang Diperingati 1 Juni


					Tema dan Logo Hari Lahir Pancasila 2024 yang Diperingati 1 Juni Perbesar

Jakarta, jurnalpijar.com —

Pemerintah telah merilis tema dan logo Hari Lahir Pancasila 2024, serta pedoman visual perayaan Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni 2024.

Penetapan tanggal 1 Juni sebagai hari lahir Pancasila sekaligus hari libur nasional dicanangkan secara khidmat oleh Presiden Jokowi melalui Keputusan Presiden (Keppres) nomor 24 tahun 2016.

Hari Lahir Pancasila merupakan hari kenangan yang diperingati sebagai wujud kiprah dan kepemimpinan Pancasila dalam segala bidang kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Di bawah ini adalah tema dan logo Hari Lahir Pancasila 2024. Tema Hari Lahir Pancasila 2024

Tema Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 adalah “Pancasila Jiwa Persatuan Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”. Tema ini mengajak kita untuk terus melahirkan generasi terbaik negeri dan menjaga persatuan, kerja sama, dan kesetaraan.

Indonesia akan mengalami masa keemasan, pada tahun 2045 akan berusia 100 tahun. Saat ini Indonesia diharapkan menjadi negara yang sejahtera dan setara dengan negara adidaya yang berlogo Hari Lahir Pancasila 2024.

Logo utama Hari Lahir Pancasila 2024 adalah ‘Sandhya Tharu’ yang melambangkan persatuan, kerja sama, dan kesetaraan.

Sandia Taru atau Pohon Persatuan tercipta dari makna ketiga Pancasila, yaitu persatuan Indonesia dengan lambang pohon beringin.

Ibarat pohon yang melambangkan sumber kehidupan, Pancasila lahir untuk menjadi kekuatan bangsa Indonesia. Ia ada di lubuk hatinya yang terdalam, sebagai pemersatu bangsa yang majemuk, kuat dan abadi.

Berikut penjelasan filosofi yang melatarbelakangi logo Hari Lahir Pancasila 2024: 1. Batang Persatuan

Batang pohon yang ombaknya besar pecah dari kiri dan kanan melambangkan semangat persatuan yang mampu menghadapi segala tantangan untuk mewujudkan nilai-nilai Pancasila.

Sila ke-5 Pancasila ditunjukkan dengan 4 lembar daun sebagai tangan dan 1 lembar daun sebagai kepala, serta ilustrasi angka 1 yang merupakan tanggal perayaan hari lahir Pancasila. 2. Perlindungan dan Perlindungan

Ilustrasi burung Garuda dan perisai 4 bulu menjadi perekat dan persatuan bangsa Indonesia yang beragam suku, agama, budaya dan bahasa, untuk menjaga visi dan misi Indonesia emas di tengah tantangan global. .3 . Generasi penerus bangsa

Tunas di puncak emas melambangkan proses upaya membangun generasi emas penerus bangsa yang memiliki kecerdasan komprehensif (produktif dan inovatif), berkarakter kuat (damai dalam pergaulan), sehat (sehat dalam pergaulan alami) dan peradaban yang unggul. 4. Gotong royong

Ilustrasi masyarakat bergandengan tangan menggambarkan gotong royong untuk mewujudkan pertumbuhan nusantara yang berdaulat, sejahtera, dan berkelanjutan dalam kesatuan dan kesetaraan. 

Link Download Logo dan Petunjuk Visual Hari Lahir Pancasila 2024

Di bawah ini adalah link download Link Download Template Logo Pancasila 2024 Link Download Template Logo Pancasila 2024 Link Download Template Logo Pancasila 2024 Link Download File Video Gerak Pancasila 2024 Panduan Identifikasi File Video Gerak Pancasila 2024. 

Logo ini dapat digunakan sebagai logo utama dalam acara Hari Lahir Pancasila, media sosial dan website atau sebagai desain produk.

Demikian Tema dan Logo Hari Lahir Pancasila 2024. Selamat Hari Lahir Pancasila! (uh/uh)

Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Arti Launching dan Contoh Penggunaannya dalam Kalimat Bahasa Inggris

20 September 2024 - 09:16

3 Cara Cek E-meterai Asli atau Palsu untuk Daftar CPNS 2024

19 September 2024 - 23:16

Jelaskan Pengolahan dan Pemanfaatan Energi Batu Bara, Ini Jawabannya

19 September 2024 - 02:16

Trending di Edukasi