Menu

Mode Gelap

LifeStyle · 1 Agu 2024

Tata Cara Mandi Sebelum Berangkat Sholat Idul Adha Sesuai Sunah


					Tata Cara Mandi Sebelum Berangkat Sholat Idul Adha Sesuai Sunah Perbesar

Jakarta, jurnalpijar.com —

Disunnahkan bagi umat Islam untuk berwudhu sebelum menunaikan salat Idul Adha. Menurut Sunnah, hikmah dan tata cara berwudhu sebelum mengikuti salat Idul Adha adalah sebagai berikut.

Pemerintah telah menetapkan tanggal 17 Juni 2024 sebagai 1 Dzulhijjah. Oleh karena itu, hari raya Idul Adha 2024 akan jatuh pada Senin, 17/6.

Salah satu amalan sunnah Idul Adha adalah mencuci muka sebelum berangkat ke masjid untuk salat. Nabi (saw) menjelaskan nasihat ini dalam sebuah hadits sebagai berikut:

“Nabi Shallallahu’alaihi wasallam memerintahkan kita untuk mandi saat Idul Fitri dan Idul Adha.” (HR Imam Bukhari dan Muslim).

Mandi yang dimaksud bukanlah mandi biasa, mandi yang dilakukan dengan cara membasahi seluruh bagian tubuh mulai dari rambut hingga kaki dengan air.

Hal ini dilakukan untuk membersihkan tubuh dari kotoran dan najis sehingga menjamin kenyamanan dan ketenangan selama beribadah.

Ngomong-ngomong, waktu mandi yang dianjurkan adalah di pagi hari, sebelum berangkat ke masjid tempat diadakannya salat Idul Adha.

Sebagaimana praktik mandi massal pada umumnya, umat Islam dianjurkan mengutarakan niatnya untuk mandi saat salat Idul Adha.

Menurut pemberitaan NU Online, niat mandi sebelum keluar rumah untuk salat Idul Adha adalah sesuai sunah berikut, beserta bahasa Arab, Latin dan artinya:

Permisi َالَى

Nawaitul ghusla liyaumi ‘idil Adha sunnaten lillahi ta’aalaa.

Artinya: “Demi Tuhan Yang Maha Esa, saya niat mandi pada masa sunah Idul Adha.” Tata cara wudhu saat salat Idul Adha.

Agar dimaafkan, simaklah tata cara mencuci sesuai sunnah sebelum berangkat salat Idul Adha. Bacalah rencana sholat Idul Adha

Mengucapkan Niat Menghapus Saat Sholat Idul Adha, Nawaitul gusla liyaumi ‘idil Kurban sunnaten lillahi ta’aalaa. Kemudian masuk kamar mandi dengan melangkah terlebih dahulu menggunakan kaki kiri, kemudian dengan kaki kanan.2. cuci tangan

Setelah niat terbaca, kedua telapak tangan dibasuh dan dimulai mandi dengan air mengalir.3. Hapus benda asing dari cabang

Sebelum mencuci tubuh, bersihkan kotoran atau benda asing dari tubuh Anda menggunakan air bersih yang mengalir. Kebersihan itu seperti pergi ke gereja.

Setelah kotoran dan najis dibersihkan, lanjutkan mencuci seperti hendak shalat. Mulai dari cuci tangan hingga cuci kaki.5. Sirami dahan dari kanan

Kemudian sirami dahannya sebanyak tiga kali, dimulai dari kanan, lalu tiga kali ke kiri.

Setelah mencuci, setiap orang melakukan sabun, keramas, menyikat gigi, dll seperti biasa dan sangat bersih. Anda dapat terus mandi menggunakannya. mencuci tubuh

Langkah terakhir adalah membasuh seluruh badan dari kanan ke kiri dengan air bersih mengalir seperti biasa, dan menutupnya dengan wudhu.

Inilah tata cara mencuci sebelum keluar salat Idul Adha menurut pendapat Sunnah yang benar. Saya pikir ini berguna.

(bunga/bunga)

Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Turunkan BB 12 Kg, Ini Menu Makan Sehari-hari Prilly Latuconsina

20 September 2024 - 11:16

Heboh Daftar Makeup Mengandung Karsinogen, Ini Kata BPOM

20 September 2024 - 10:14

20 Kota Termahal di Dunia 2024, Ada dari Negara Tetangga Indonesia

20 September 2024 - 01:17

Trending di LifeStyle