Menu

Mode Gelap

LifeStyle · 15 Agu 2024

Hati-hati, Ini 3 Efek Samping Makan Singkong Rebus Berlebihan


					Hati-hati, Ini 3 Efek Samping Makan Singkong Rebus Berlebihan Perbesar

Jakarta, jurnalpijar.com —

Cemilan singkong rebus merupakan sarapan yang lezat. Rasanya semakin nikmat bila ditambahkan ke dalam secangkir teh hangat.

Namun, akibat dari gizi buruk bisa berdampak negatif. Salah satunya dikonsumsi secara berlebihan. Simak efek samping terlalu banyak makan singkong matang.

Singkong merupakan sumber karbohidrat yang populer. Di Afrika, singkong merupakan sumber utama karbohidrat, begitu pula nasi di Indonesia.

Dari segi kesehatan, karena singkong tinggi kalori dan karbohidrat, ia mengandung beberapa nutrisi penting seperti vitamin C dan potasium.

Kalium sendiri diketahui berperan penting dalam keseimbangan cairan dan pengaturan tekanan darah. Tak heran, singkong dapat membantu menjaga kesehatan jantung, ginjal, dan masih banyak lagi.

Sementara itu, vitamin C dikenal sebagai antioksidan kuat yang melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Vitamin C juga diketahui meningkatkan kekebalan tubuh terhadap beberapa penyakit.

Ada banyak cara untuk memanfaatkan singkong. Yang paling populer adalah digoreng dan direbus. Namun merebus singkong dinilai lebih bermanfaat dibandingkan mengonsumsi singkong goreng dalam jumlah banyak

Singkong yang diolah dengan benar, baik dengan cara direbus atau dipanggang, aman dikonsumsi.

Namun, terlalu banyak mengonsumsi singkong matang dapat menimbulkan beberapa efek samping jika dikonsumsi secara tidak tepat. Di bawah ini adalah berbagai sumber 1. keracunan

WebMD menunjukkan bahwa singkong yang diproses secara tidak benar mungkin mengandung bahan kimia yang berubah menjadi sianida di dalam tubuh.

Hal ini dapat menyebabkan keracunan sianida dan beberapa kondisi kelumpuhan.

Kondisi ini biasanya terjadi bila singkong dimakan mentah.2. Reaksi alergi

Singkong dapat menimbulkan reaksi alergi pada sebagian orang. Salah satunya adalah sulfit.

Menurut laman Allergy Resources, sulfit merupakan garam organik yang dapat menyebabkan gejala intoleransi makanan pada kelompok orang yang sensitif. Intoleransi makanan ini lebih sering terjadi pada penderita asma.

3. Menambah berat badan

Bahaya setelah terlalu banyak makan singkong adalah penambahan berat badan.

Seperti yang Anda ketahui, singkong tinggi karbohidrat namun rendah serat. Karbohidrat sendiri diketahui menjadi salah satu penyebab kenaikan berat badan.

Mengutip Healthline, 100 gram singkong matang mengandung 191 kalori dan 40 gram karbohidrat. Jika singkong dimakan dalam jumlah banyak, obesitas tidak mungkin terjadi.

Sebagai jumlah yang aman, disarankan tidak lebih dari 100 gram singkong per hari atau 3 singkong ukuran sedang untuk penanganan singkong matang yang aman.

Singkong bisa dimakan jika disiapkan dengan benar. Berikut beberapa langkah yang perlu dipertimbangkan.

1. Potong kedua ujung bukaan kotak. Kupas dan bilas kulitnya 3. Potong singkong menjadi dua memanjang dan buang bagian dalamnya seperti membuang bagian tengah nanas 4. Potong singkong sesuai ukuran yang diinginkan dan masukkan ke dalam mangkuk berisi air asin atau sedikit garam. Rebus air dalam panci lalu rebus manika selama kurang lebih 30 menit 6. Tiriskan dan buang airnya.

Berikut informasi efek samping terlalu banyak makan singkong matang dan cara penanganannya yang aman.

(ashar/asar)

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Turunkan BB 12 Kg, Ini Menu Makan Sehari-hari Prilly Latuconsina

20 September 2024 - 11:16

Heboh Daftar Makeup Mengandung Karsinogen, Ini Kata BPOM

20 September 2024 - 10:14

20 Kota Termahal di Dunia 2024, Ada dari Negara Tetangga Indonesia

20 September 2024 - 01:17

Trending di LifeStyle