Menu

Mode Gelap

LifeStyle · 16 Agu 2024

Daftar 5 Tempat Wisata di Sekitar IKN: Gua Tapak Raja hingga Mangrove


					Daftar 5 Tempat Wisata di Sekitar IKN: Gua Tapak Raja hingga Mangrove Perbesar

Jakarta, jurnalpijar.com –

Di sekitar ibu kota nusantara (IKN) terdapat beberapa tempat wisata yang bisa dikunjungi. Dinas Pariwisata Kalimantan Timur (Kaltim) mempromosikan setidaknya lima spot wisata menarik di sekitar IKN untuk menyambut tamu yang menghadiri perayaan HUT ke-79 Republik Indonesia di IKN.

Kelima destinasi tersebut menawarkan keindahan alam yang beragam, mulai dari hutan bakau hingga air terjun, kata Ririn Sari Devi, Kepala Dinas Pariwisata Kaltim, saat wawancara dengan IKN, Sabtu (8/10). menjadi destinasi wisata unggulan. Lima destinasi: Hutan Mangrove Mentawir, Gua Tapak Raja, Bukit Bengkirai, Gunung Parung dan Air Terjun Tembinus. Di IKN, kelima destinasi ini menawarkan “pengalaman wisata yang berbeda dan tak terlupakan,” kata Ririn.

Hutan Mangrove Mentawir di Kabupaten Penajam Paser Utara menjadi salah satu tempat yang menarik.

Seluas kurang lebih 2.300 hektar, hutan bakau ini menawarkan keindahan alam yang bisa dinikmati dengan berjalan kaki atau naik perahu. Sedangkan Gua Tapak Raja yang berjarak 30 km dari Titik Nol IKN merupakan agrowisata yang menawarkan keindahan gua yang dikelilingi pepohonan indah.

Saat ini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sedang membangun jalan menuju Gua Tapak Raja untuk memudahkan wisatawan mengaksesnya, ujarnya seraya menambahkan bahwa Suaka Bukit Bangkirai yang merupakan hutan tropis seluas lebih dari 100 hektar, merupakan rumah bagi berbagai hewan.

Pengunjung bisa berjalan melintasi jembatan yang tingginya sekitar 50 meter di atas permukaan tanah sambil menikmati pemandangan alam yang indah. Untuk Gunung Parung, gunung ini merupakan puncak tertinggi di IKN dengan ketinggian 1200 meter di atas permukaan laut dan menawarkan pemandangan yang sangat indah.

Pengunjung bisa menikmati panorama hijau hutan, sungai, danau, dan Teluk Balikpapan dari puncak gunung.

Daya tarik wisata lain di sekitar IKN adalah Air Terjun Tembinus setinggi 25-30 meter yang menjadi destinasi yang baik bagi para pencari petualangan yang dapat menarik minat wisatawan dari luar daerah. (depan/selatan)

Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

20 Kota Termahal di Dunia 2024, Ada dari Negara Tetangga Indonesia

20 September 2024 - 01:17

Tragis, Wanita Tewas Akibat Terjebak di Konveyor Bagasi Bandara

19 September 2024 - 11:17

Jangan Unggah Boarding Pass di Medsos, Ini Alasannya

18 September 2024 - 18:14

Trending di LifeStyle