Menu

Mode Gelap

Edukasi · 1 Sep 2024

Jelaskan Makna Tabayyun dan Contohnya dalam Kehidupan Sehari-hari


					Jelaskan Makna Tabayyun dan Contohnya dalam Kehidupan Sehari-hari Perbesar

Jakarta, jurnalpijar.com —

Dalam Islam, umat Islam dianjurkan untuk selalu menjalankan tabayyun agar terhindar dari perbuatan yang dapat menimbulkan fitnah dan merugikan orang lain.

Tabbayun adalah sikap tidak mudah mempercayai sesuatu atau seseorang sebelum menerima informasi akurat langsung dari sumbernya.

Pertanyaan:

Jelaskan pengertian tabayyun dalam kehidupan sehari-hari!

Bereaksi:

Dikutip dari buku Komunikasi Etis di Media Sosial, tabayyun berasal dari kata tabayyana-yatabayyanuu-tabayyanan yang artinya mencari kejelasan terhadap suatu hal hingga situasi menjadi jelas.

Tabayun dapat dipahami sebagai meminta penjelasan atau klarifikasi suatu informasi sebelum bertindak.

Konsep tabayyun penting dan wajib dipegang oleh setiap umat Islam. Sikap ini juga dianjurkan dalam Al-Quran, seperti dikutip dari buku Nilai Berita dalam Konsep Tabayun.

Tabayun adalah sikap seseorang yang tidak mudah mempercayai orang lain sebelum memperoleh informasi langsung dari sumbernya.

Upaya Tabayyun penting dan diperlukan untuk memastikan keaslian suatu berita, apalagi di zaman sekarang ini masyarakat dibanjiri informasi dari berbagai sumber.

Abu Azzam Al-Afghani mengatakan bahwa tabayyun artinya melakukan penelitian, sehingga tabayyun dapat dipahami sebagai suatu kegiatan yang berupaya menggali dan menyelesaikan permasalahan dengan menggunakan metode ilmiah.

Tabayyun merupakan upaya mencari kejelasan suatu informasi atau permasalahan. Kejelasan ini dapat ditemukan dengan menggunakan metode ilmiah yang dapat ditafsirkan.

Dalam kajian teori yang diterbitkan Universitas Islam Negeri Alauddin, terdapat enam metode atau proses melakukan tabayyun dalam kehidupan sehari-hari. Berikut penjelasannya. Kembalikan perkara tersebut kepada Allah SWT, Rasul dan Yang Maha Bijaksana. Berdasarkan pengalaman dan perhatian dari kehidupan dan hubungan. Untuk menyatukan kedua pihak yang bertikai saat mereka menghukum dan menghakimi, berkali-kali dalam jangka waktu yang lama.

Demikian pembahasan untuk menjelaskan makna tabayyun dalam kehidupan sehari-hari. Saya harap ini bermanfaat! (sup/sup)

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Arti Launching dan Contoh Penggunaannya dalam Kalimat Bahasa Inggris

20 September 2024 - 09:16

3 Cara Cek E-meterai Asli atau Palsu untuk Daftar CPNS 2024

19 September 2024 - 23:16

Jelaskan Pengolahan dan Pemanfaatan Energi Batu Bara, Ini Jawabannya

19 September 2024 - 02:16

Trending di Edukasi