Menu

Mode Gelap

LifeStyle · 3 Sep 2024

7 Menu Makanan Sehat untuk Usia 50 Tahun ke Atas


					7 Menu Makanan Sehat untuk Usia 50 Tahun ke Atas Perbesar

Jakarta, jurnalpijar.com —

Memasuki usia lanjut, sebaiknya jaga tubuh tetap sehat dan bugar.

Dalam hal ini, nutrisi sangatlah penting. Nantikan menu sehat yang akan datang dari 50+.

Seiring bertambahnya usia, seseorang biasanya mengalami berbagai perubahan pada tubuhnya, seperti penurunan metabolisme, penurunan kadar hormon, dan kebutuhan akan nutrisi tertentu.

Di masa tua, penting untuk memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi untuk menunjang kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Menurut National Library of Medicine, setelah usia 50 tahun, massa otot cenderung menurun sebesar 3-8 persen setiap sepuluh tahun setelah usia 30 tahun.

Proses alami ini menyebabkan hilangnya jaringan otot, sehingga penting untuk mengonsumsi makanan yang dapat meningkatkan pertumbuhan jaringan otot di usia tua. Tips Makan Sehat untuk Usia Di Atas 50-an.

Merujuk dari berbagai sumber, berikut rekomendasi menu sehat bagi mereka yang berusia 50 tahun ke atas.1. buah beri

Buah beri kaya akan serat, vitamin C, dan antioksidan flavonoid yang membantu menjaga kesehatan usus, mengontrol berat badan, dan melindungi dari penyakit seperti diabetes, penyakit jantung, dan kanker.

Buah beri juga baik untuk otak, membantu meningkatkan keterampilan motorik dan memori jangka pendek. Penggunaan buah beri juga dapat mengurangi risiko demensia dan penyakit kardiovaskular 2. Sayuran hijau

Sayuran seperti kubis, brokoli, dan bayam kaya akan kalsium dan serat. Semua nutrisi tersebut penting untuk kesehatan tulang dan otot di hari tua.

Mengonsumsi sayuran berdaun hijau setiap hari dapat meningkatkan kekuatan otot dan menurunkan risiko penyakit jantung dan demensia.3. Hidangan laut

Ikan seperti salmon dan tuna merupakan sumber asam lemak omega-3 yang bermanfaat bagi kesehatan otak dan jantung.

Mengonsumsi dua atau tiga porsi makanan laut per minggu dapat menurunkan risiko kematian akibat penyakit kronis.4. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian mengandung protein, serat, dan lemak sehat. Makanan ini juga kaya akan asam lemak omega-3 yang melindungi otak.

Mengonsumsi kacang-kacangan dengan porsi cukup setiap hari dapat membantu menurunkan kolesterol dan memberikan manfaat kesehatan lainnya.

5. Keju cottage

Keju cottage merupakan sumber protein hewani yang baik yang membantu merangsang sintesis protein otot. Keju ini juga banyak mengandung kalsium dan vitamin D yang penting untuk menjaga kepadatan tulang di hari tua 6. Air mineral

Hidrasi yang baik sangat penting seiring bertambahnya usia. Konsumsi air yang cukup dapat membantu melawan efek berkurangnya aktivitas usus dan menjaga keseimbangan cairan tubuh.7. Alpukat

Alpukat mengandung lemak sehat yang baik untuk jantung. Dua porsi alpukat per minggu dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Oleh karena itu, ini adalah menu sehat untuk usia 50 tahun ke atas. Memperhatikan asupan makanan dan memastikan kecukupan nutrisi bagi tubuh dapat berkontribusi terhadap kualitas hidup yang baik.

(sya/ashar)

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Turunkan BB 12 Kg, Ini Menu Makan Sehari-hari Prilly Latuconsina

20 September 2024 - 11:16

Heboh Daftar Makeup Mengandung Karsinogen, Ini Kata BPOM

20 September 2024 - 10:14

20 Kota Termahal di Dunia 2024, Ada dari Negara Tetangga Indonesia

20 September 2024 - 01:17

Trending di LifeStyle