Menu

Mode Gelap

LifeStyle · 15 Sep 2024

Pramugari Ungkap 5 Bagian Paling Kotor di Dalam Pesawat, Mana Aja?


					Pramugari Ungkap 5 Bagian Paling Kotor di Dalam Pesawat, Mana Aja? Perbesar

Jakarta, jurnalpijar.com –

Setiap harinya, jutaan orang melakukan perjalanan melalui udara, baik antar wilayah, antar negara bahkan ke berbagai belahan dunia. Dengan jadwal yang begitu padat, pesawat harus siap terbang kembali dalam waktu singkat.

Meskipun staf kebersihan bekerja keras untuk menjaga kabin tetap bersih, ada banyak area yang sering terabaikan. Bagian-bagian tertentu pada pesawat yang sering diabaikan saat dibersihkan ternyata bisa menjadi tempat berkembang biaknya kuman atau bakteri.

Sebagai seorang traveler, Anda memang harus berhati-hati agar tidak tertular bakteri dari benda atau bagian pesawat yang terkontaminasi karena jarang dibersihkan.

Berdasarkan pengalaman pramugari, berikut lima area polusi penerbangan yang perlu Anda ketahui, menurut Travel and Leisure.

1. Kartu Pelatihan Keselamatan

Menurut pramugari dan blogger perjalanan Josephine Remo, kartu instruksi keselamatan di saku kursi adalah yang paling terkontaminasi.

Sering diabaikan saat dibersihkan, karpet ini bisa menjadi tempat berkembang biaknya kuman. Remo menyarankan untuk menggunakan pembersih tangan setelah membaca atau, lebih baik lagi, menyeka kartu dengan kain lembab.

2. Ruang kargo atas

Bagian atas koper yang digunakan untuk menyimpan barang bawaan juga jarang dibersihkan dan sering dilakukan oleh banyak orang. Remo menekankan pentingnya menggunakan tisu atau pembersih tangan setelah mengerjakan bagian-bagian ini.

3. Fasilitas kamar mandi “Kamar mandi dibersihkan secara berkala, tetapi kunci pintunya tidak”, jelas Remo. Remo menyarankan untuk menggunakan hand sanitizer secara rutin setelah keluar dari kamar mandi.

4. Tabel

Sue Fogwell, seorang pramugari dengan pengalaman lebih dari dua dekade, mengatakan landasan pacu tidak hanya kotor tetapi juga penuh dengan kuman.

“Secara umum penumpang tahu kalau pesawat itu penuh kotoran, tapi (jalurnya) bukan hanya kuman,” ujarnya.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Travelmath menunjukkan bahwa nampan tersebut memiliki bakteri sekitar delapan kali lebih banyak daripada udara di atasnya.

5. Sarung jok

Sarung jok tidak dapat diganti atau dibersihkan kecuali ada laporan khusus. Fogwell mengatakan setiap insiden yang melibatkan sarung jok kotor tidak dilaporkan karena dapat menyebabkan penundaan penerbangan. Oleh karena itu, bagi Anda yang tidak tahan memikirkan joknya kotor, sarung jok bisa menjadi solusi yang tepat.

Charles Platkin, direktur eksekutif Hunter College Nutrition Institute di New York, bahkan menganjurkan untuk tidak minum kopi atau teh di pesawat dan menggunakan pakaian sendiri saat menggunakan kamar mandi.

Mengetahui area terkontaminasi tersebut, penumpang dapat melakukan tindakan preventif untuk menjaga kebersihan dan kesehatan selama penerbangan. Selalu sediakan hand sanitizer dan tisu basah di tas Anda, dan jangan ragu untuk membersihkan area sekitar kursi Anda. Kebersihan adalah kunci kelancaran dan kenyamanan penerbangan. (anm/wiw)

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

20 Kota Termahal di Dunia 2024, Ada dari Negara Tetangga Indonesia

20 September 2024 - 01:17

Tragis, Wanita Tewas Akibat Terjebak di Konveyor Bagasi Bandara

19 September 2024 - 11:17

Jangan Unggah Boarding Pass di Medsos, Ini Alasannya

18 September 2024 - 18:14

Trending di LifeStyle