Menu

Mode Gelap

LifeStyle · 18 Sep 2024

Jangan Unggah Boarding Pass di Medsos, Ini Alasannya


					Jangan Unggah Boarding Pass di Medsos, Ini Alasannya Perbesar

Jakarta, jurnalpijar.com —

Di era media sosial seperti sekarang ini, rasanya kurang tepat jika tidak mengunggah foto boarding pass sebagai salah satu ‘ritual’ perjalanan.

Namun faktanya, memposting boarding pass dan tiket transportasi yang sama di media sosial adalah hal yang tidak boleh. 

Foto boarding pass mungkin terlihat biasa saja atau tidak berarti. Hanya saja, hal itu bisa menimbulkan bahaya. Mengapa? 1. Berisi informasi pribadi

Boarding pass berisi berbagai data penting dan rahasia seperti nama lengkap, nomor penerbangan, kode reservasi (Passenger Name Record) dan barcode.

Siapa pun dapat mengakses data pribadi Anda. Informasi tersebut dapat jatuh ke tangan orang yang tidak bertanggung jawab dan digunakan untuk tujuan kriminal. Risiko keamanan dan pencurian identitas

Ingat detail yang Anda masukkan saat memesan penerbangan? Peretas dapat mengakses semua informasi ini hanya dari barcode di boarding pass.

Informasi ini mungkin mencakup rincian rencana perjalanan dan identifikasi pribadi. Kemudian, Simple Flying melaporkan, beberapa kasus ditemukan bahwa peretas dapat mengakses rincian paspor dan SIM.

Jika informasi ini terbongkar, keamanan pemiliknya mungkin terancam.3. Curi poin

Beberapa maskapai penerbangan menawarkan poin atau imbalan atas jumlah perjalanan (mil) yang dikumpulkan. Banyak boarding pass yang menunjukkan berapa kali seorang penumpang terbang dengan maskapai tersebut.

Peretas yang tidak bertanggung jawab dapat memperoleh akses ke akun program loyalitas Anda dan mengubah poin atau miles yang telah Anda kumpulkan.4. Ikuti rencana perjalanan

Mungkin itu lebih menakutkan daripada orang asing yang mengetahui keberadaan Anda. Dikutip SimpleFlying, informasi boarding pass memungkinkan orang mengubah jadwal penerbangan Anda.

Caranya Hacker hanya perlu memasukkan kode order dan memasukkan data baru.

Perubahan seperti ini membuat orang lain tahu bahwa Anda tidak di rumah dan siap beraksi.

5. Peluang terjadinya penipuan

Menangguhkan boarding pass sama saja dengan membuka peluang bagi penipu untuk beroperasi. Mereka mungkin menyamar sebagai personel maskapai penerbangan atau perwakilan layanan untuk memberi Anda informasi penting.

Yang terbaik adalah memperlakukan boarding pass Anda seperti dokumen penting lainnya. Berbagi secara publik menimbulkan risiko tinggi terhadap keamanan Anda. (siapa/rds)

Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

20 Kota Termahal di Dunia 2024, Ada dari Negara Tetangga Indonesia

20 September 2024 - 01:17

Tragis, Wanita Tewas Akibat Terjebak di Konveyor Bagasi Bandara

19 September 2024 - 11:17

Kisah Gus Dur di Istana, Akrab dengan Sayur Lodeh dan Lele Goreng

18 September 2024 - 13:14

Trending di LifeStyle