Menu

Mode Gelap

Edukasi · 19 Sep 2024

3 Cara Cek E-meterai Asli atau Palsu untuk Daftar CPNS 2024


					3 Cara Cek E-meterai Asli atau Palsu untuk Daftar CPNS 2024 Perbesar

Jakarta, jurnalpijar.com –

Harus dipastikan stempel elektronik atau segel elektronik pada berkas pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil Negara (CPNS) adalah sah.

Berikut cara cek e-stempel daftar CPNS 2024 asli atau palsu.

Stempel elektronik adalah jenis stempel format elektronik yang ditempelkan pada dokumen digital. Beredarnya e-stempel palsu membuat kita aman.

Stempel elektronik asli diterbitkan oleh Perusahaan Percetakan Uang Negara Republik Indonesia (PERURI). Stempel elektronik digunakan untuk berbagai keperluan pada dokumen resmi, termasuk untuk pendaftaran CPNS.

Oleh karena itu, peserta terpilih CPNS 2024 harus memastikan stempel elektronik yang ditempel pada dokumen tersebut asli atau belum pernah digunakan orang lain.

Pasalnya, penggunaan prangko palsu atau bekas dapat menyebabkan peserta gagal pada tahap seleksi administrasi untuk memeriksa keaslian prangko elektronik.

Verifikasi stempel elektronik dapat dilakukan dengan empat cara, yaitu dengan mengenali ciri-ciri stempel elektronik asli, dengan menggunakan aplikasi pemindai Peruri, situs autentikasi Peruri.1. Kenali ciri-ciri e-seal yang sebenarnya

Untuk menghindari penipuan, perhatikan ciri-ciri prangko elektronik asli untuk membantu Anda membedakannya dengan prangko palsu. Ada gambar Garuda Pancasila (huruf kapital). Kode QR Nusantara Ibarat sebuah nomor kode unik. Kode unik ini berperan membuat stempel elektronik sulit dipalsukan.2. Periksa stempel elektronik dengan PERURI Code Scanner

Cara mengecek e-stempel asli atau palsu selanjutnya adalah dengan memindainya di aplikasi pemindai kode Peruri Peruri. Lihatlah langkah-langkahnya. Unduh program pemindai kode PERURI di Play Store atau App Store setelah menginstalnya di perangkat, buka pemindai langsung pada kode QR e-stempel.

Jika segel elektronik tersebut valid maka akan muncul lambang PERURI, deretan nomor unik, serta tanggal dan jam pembelian.

Saat ini, stempel elektronik palsu tidak akan lolos verifikasi. Karena Peruri telah menggunakan teknologi tanda tangan digital yang memungkinkan stempel Peruri dalam file hanya dapat dibaca oleh pemindai Peruri.3. Cek e-stempel asli melalui website PERURI

Anda juga dapat mengecek keaslian e-stempel dengan memindainya di website resmi PERURI verifikasi.peruri.co.id. Simak langkah-langkah menyiapkan file PDF dengan e-stempel. Buka website https://verification.peruri.co.id/ pada perangkat upload file PDF e-stamp pada kolom yang tersedia centang kotak “Saya bukan robot” dan isi kolom captcha dengan benar lalu klik tombol “ Unggah PDF” dan tunggu hingga proses verifikasi selesai. Jika segel elektronik valid, maka layar perangkat akan menampilkan informasi antara lain status verifikasi, tanggal tanda tangan, nomor kode dan lain-lain.

Jadi untuk mengecek e-stempel daftar CPNS 2024 asli atau palsu agar terhindar dari penipuan, ada baiknya membeli e-stempel langsung melalui distributor resmi Peru dan hindari membeli melalui e-commerce.

Masyarakat juga diimbau segera melakukan verifikasi setelah membeli e-stempel untuk memastikan produk yang dibeli memang asli. (bisa / bisa)

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Jelaskan Pengolahan dan Pemanfaatan Energi Batu Bara, Ini Jawabannya

19 September 2024 - 02:16

Jelaskan Pengertian Senam Irama, Ini Jawabannya

19 September 2024 - 01:14

Kenapa Ubur-Ubur Transparan? Ternyata Ini Alasannya

18 September 2024 - 06:17

Trending di Edukasi