Menu

Mode Gelap

Edukasi · 19 Sep 2024

Jelaskan Pengertian Senam Irama, Ini Jawabannya


					Jelaskan Pengertian Senam Irama, Ini Jawabannya Perbesar

Jakarta, jurnalpijar.com —

Senam ritmik adalah salah satu jenis senam yang dilakukan mengikuti irama musik atau nyanyian. Senam ritmik sering juga disebut dengan senam ritmik.

Senam ritmik atau senam ritmik merupakan salah satu jenis olahraga senam umum dan sering digunakan baik oleh sekolah maupun kelompok umum.

Pertanyaan:

Jelaskan pengertian senam ritmik!

Pada dasarnya tidak ada perbedaan antara senam ritmik dengan senam biasa. Namun pada senam ritmik, musik atau ritme ditambahkan.

Itulah sebabnya senam ritmik disebut juga senam ritmik. Sebab, latihan ini dilakukan mengikuti irama musik.

Dari referensi Dr. Permainan yang mengenalkan teknik dasar senam adalah gerakan senam yang dilakukan dengan irama musik senam ritmis atau latihan bebas yang dilakukan secara ritmis.

Senam ritmik dapat dilakukan dengan atau tanpa alat. Senam ritmik dengan alat biasanya menggunakan peralatan seperti bola, tali, tongkat, simpai dan pentungan.

Sedangkan senam ritmik tanpa alat menghasilkan gerakan yang terkoordinasi dengan suara berirama antar bagian tubuh seperti gerakan lengan, kaki, dan kepala.

Perbedaan senam ritmik dengan senam biasa adalah senam ritmik menambah ritme. Penekanannya harus diberikan pada senam ritmik: ritme, yang meliputi 2/3, 3/4, 4/4, dan dengan demikian kontinuitas kelenturan (fleksibilitas) tubuh.

Menurut perkembangannya, senam ritmik terbagi menjadi tiga jenis gaya, yaitu: senam ritmik yang bersumber dari lakon, diprakarsai oleh seorang sutradara Delsart, yang bersumber dari seni musik, yang dibawakan oleh guru musik Jack Delcroze. . Balet) dipelopori oleh Rudolph von Laban dari Hongaria.

Pembahasan ini dimaksudkan untuk menjelaskan pengertian senam ritmik. Semoga menjadi pelajaran yang bermanfaat dan menyenangkan. (juh/juh)

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Arti Launching dan Contoh Penggunaannya dalam Kalimat Bahasa Inggris

20 September 2024 - 09:16

3 Cara Cek E-meterai Asli atau Palsu untuk Daftar CPNS 2024

19 September 2024 - 23:16

Jelaskan Pengolahan dan Pemanfaatan Energi Batu Bara, Ini Jawabannya

19 September 2024 - 02:16

Trending di Edukasi