Menu

Mode Gelap

Edukasi · 19 Sep 2024

Jelaskan Pengolahan dan Pemanfaatan Energi Batu Bara, Ini Jawabannya


					Jelaskan Pengolahan dan Pemanfaatan Energi Batu Bara, Ini Jawabannya Perbesar

Jakarta, jurnalpijar.com —

Batubara merupakan bahan bakar fosil yang diperoleh dengan cara mengumpulkan sisa-sisa tumbuhan mati yang belum terurai sempurna, sehingga disimpan dalam kondisi bebas oksigen.

Di Indonesia bahan ini melimpah sehingga sering diolah dan dimanfaatkan untuk hal lain.

Pertanyaan:

Jelaskan pengolahan dan penggunaan energi dari batubara! menjawab

Berikut penjelasan mengenai pengolahan dan pemanfaatan tenaga batubara yang dikutip dari berbagai sumber. Pengolahan batubara

Dikutip dari buku Mining Geotechnical (2016), pengolahan batubara terbagi menjadi tiga jenis yaitu preparasi, konsentrasi dan dewatering.

Persiapan merupakan upaya untuk menyeimbangkan bijih antara mineral berharga dan mineral pengotor dengan cara memperkecil ukuran butir.

Kemudian ada konsentrasi, yaitu suatu operasi pemisahan mineral berharga dari mineral/pengotor yang tidak berharga dalam suatu bijih/bahan, dengan menggunakan sifat fisik atau kimia-fisik permukaan mineral yang akan dipisahkan.

Dilanjutkan dengan dewatering, yaitu operasi pemisahan cairan dari padatan, yang biasanya melalui tahap pengentalan, penyaringan, dan pengeringan. Penggunaan batu bara

Berikut beberapa penerapan energi batubara di Indonesia.

1. Pembangkit listrik

Dikutip dari buku Batubara dan Pemanfaatannya: Pengantar Teknologi Batubara Menuju Lingkungan Bersih, pemanfaatan energi batubara di Indonesia difokuskan pada pembangkit listrik dan pabrik semen.

Pemanfaatan ini telah dilakukan sejak tahun 1993 sebagai cara untuk mengurangi penggunaan minyak bumi, solar dan kayu bakar.

2. Generator hidrogen

Pemanfaatan energi batubara selanjutnya adalah produksi produk gas, salah satunya adalah hidrogen. Ditambahkan dari buku Biogas dan Kegunaannya Batubara sendiri merupakan batuan sedimen yang mengandung unsur karbon, hidrogen dan oksigen.

3. Briket rumah tangga

Saat ini banyak masyarakat Indonesia yang menggunakan briket sebagai bahan bakar. Briket arang tanpa karbonisasi memungkinkan penggunaan (pembakaran) sempurna, terutama pada sistem pembakaran atas-bawah, tanpa mengeluarkan bau dan bau.

Inilah jawaban untuk menjelaskan pengolahan dan pemanfaatan energi dari batu bara. Semoga bermanfaat. (sup)

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Arti Launching dan Contoh Penggunaannya dalam Kalimat Bahasa Inggris

20 September 2024 - 09:16

3 Cara Cek E-meterai Asli atau Palsu untuk Daftar CPNS 2024

19 September 2024 - 23:16

Jelaskan Pengertian Senam Irama, Ini Jawabannya

19 September 2024 - 01:14

Trending di Edukasi