Menu

Mode Gelap

Edukasi · 24 Mei 2024

Contoh Ceramah Pamitan Haji, Berisi Harapan dan Permohonan Maaf


					Contoh Ceramah Pamitan Haji, Berisi Harapan dan Permohonan Maaf Perbesar

Jakarta, jurnalpijar.com —

Mengucapkan selamat tinggal saat berangkat haji merupakan salah satu adat istiadat masyarakat Indonesia. Acara ini biasanya dihadiri oleh orang-orang terdekat seperti keluarga, saudara, sahabat dan tetangga.

Pidato perpisahan ibadah haji dapat disampaikan pada acara Safar Walimatus, yaitu hari syukuran dan perpisahan perjalanan menuju Tanah Suci.

Berpamitan dan meminta maaf merupakan kegiatan yang dianjurkan karena dapat meningkatkan persahabatan, menumbuhkan rasa cinta, dan saling mendoakan.

Hal ini sesuai dengan riwayat yang dikutip dari laman NU Online di bawah ini.

Artinya: Ketika Nabi kita melakukan perjalanan, beliau mendatangi para sahabatnya dan memberi salam kepada mereka. Hz. Ketika Muhammad pulang, para sahabatnya mendatanginya dan memberi salam kepada Nabi kita.

Pelajaran perpisahan haji

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut contoh hikmah yang bisa dijadikan referensi saat berpamitan kepada jamaah haji yang berangkat ke Tanah Suci.

Halo, rahmat dan berkah Tuhan besertamu.

Bismillahirohmanirohim, alhamdulillahirobbil alemin vesselatu vesselamu ala seyyidina ve mavlana Muhammadin vesohbihi ecmain.

Alhamdulillah, kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan banyak nikmat kepada kita, mulai dari nikmat Islam, nikmat iman, dari nikmat kesehatan, hingga nikmat lainnya.

Tak lupa shalawat dan salam kami sampaikan kepada Nabi Besar kita Muhammad Shallallahu Aleyhi Vesallem, keluarga dan sahabatnya, bahkan kepada ummatnya.

Saudara sekalian yang saya hormati, pertama-tama saya ucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat kita yang telah ikut serta dalam acara Saffron Walimatus ini. Semoga Allah SWT membalas langkah seluruh masyarakat disini, Aamiin.

Kami ingin memanfaatkan kesempatan yang baik ini untuk meminta maaf kepada seluruh jemaah disini, keluarga, tetangga dan warga (mohon diperhatikan RT dan RW) jika ada kekeliruan atau kesalahan yang kami lakukan selama ini atau mungkin dalam tindakan dan perkataan kami. . yang telah menyakiti atau tersinggung.

Kami memohon keberkahan kepada seluruh warga sekitar agar Allah SWT dapat memudahkan ibadah haji kami. Kami berharap Allah SWT memberikan kekhusyukan dan kelancaran dalam menunaikan ibadah haji di Tanah Suci.

Akhirnya anak cucu kami dititipkan kepada seluruh keluarga besar kami disana, sekali lagi kami mohon maaf kepada warga sekitar dan kami berdoa kepada Allah SWT agar dimudahkan keberangkatan kami.

Semoga kita bisa pulang ke tanah air dengan selamat dan menunaikan ibadah haji yang berkah, aamiin ya robbal alamin.

Jadi kami menyampaikan perpisahan dan permintaan maaf kami. Vesselamualeykum verahmatullahi veberakatuh.

Tujuan Walimatus Safar

Safar walimatus atau dikenal juga dengan sebutan ziarah walimatul mempunyai tujuan yang beragam. Beberapa tujuan yang dikutip dari buku Dakwah Cerdas adalah: Idul Fitri, Idul Fitri, Velimatul Haji dan Sholat Idul Adha bagi orang yang menunaikan ibadah haji dan keluarga yang ditinggalkan. Mereka yang pergi haji juga akan mendoakan kita. Dakwah dapat digunakan dalam berbagai bidang yang dapat dikaitkan dengan ibadah haji sebagai stimulus yang baik untuk mengkomunikasikan hal-hal yang baik dan mencegah hal-hal yang buruk. Seluruh keluarga, saudara dan sahabat sebelum memulai ibadah haji.

Berikut penjelasan dan contoh hikmah perpisahan haji. Saya harap ini bermanfaat. (ha ha)

Artikel ini telah dibaca 5 kali

badge-check

Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Arti Launching dan Contoh Penggunaannya dalam Kalimat Bahasa Inggris

20 September 2024 - 09:16

3 Cara Cek E-meterai Asli atau Palsu untuk Daftar CPNS 2024

19 September 2024 - 23:16

Jelaskan Pengolahan dan Pemanfaatan Energi Batu Bara, Ini Jawabannya

19 September 2024 - 02:16

Trending di Edukasi