Menu

Mode Gelap

Bola · 8 Jun 2024

Penalti, Kartu Merah, Blunder Kiper Penyebab Indonesia Kalah dari Irak


					Penalti, Kartu Merah, Blunder Kiper Penyebab Indonesia Kalah dari Irak Perbesar

Jakarta, jurnalpijar.com —

Timnas Indonesia kalah 0-2 dari Irak pada laga Grup F Kualifikasi Zona Asia Piala Dunia 2026 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Kamis (6/6). Penalti, kartu merah, dan blunder kiper menjadi penyebab Indonesia kalah dari Irak.

Ada tiga faktor yang menyebabkan Indonesia kalah dari Irak. Faktor pertama, Irak mendapat hadiah penalti pada menit ke-53 setelah umpan silang Ali Jassim menyentuh tangan Justin Hubner di dalam kotak. Wasit Shaun Evans memberikan penalti atas handball Hubner.

Striker Irak Aymen Hussein berhasil menyelesaikan tugas penaltinya. Aymen Hussein memukul bola di sisi kanan, bola dibaca oleh Hernando namun tak terjangkau. Irak unggul 1-0 atas Indonesia pada menit ke-54.

Alasan kedua, pada menit ke-59, Indonesia terpaksa bermain dengan 10 pemain setelah bek sekaligus kapten Jordi Amat mendapat kartu merah.

Jordi Amat mendapat kartu merah setelah melanggar pemain Irak Youssef Wali Amyn di luar kotak penalti Indonesia.

Alasan ketiga adalah blunder Hernando Ari di kotak penalti saat mencoba memeriksa penyerang asal Irak itu namun gagal.

Bola dari kaki Hernando akhirnya dicuri oleh pemain Irak Ali Jasim yang kemudian melepaskan tembakan ke gawang Indonesia yang kosong dan ditinggalkan kiper.

Sebelumnya, pada menit ke-72, Hernando Ari juga menantang striker Irak Ali Jassim dan berujung pada penalti kedua bagi Irak. Beruntung tendangan penalti Aymen Hussein masih melambung di atas mistar gawang Indonesia.

Namun, Hernando juga unggul dalam permainan ini dengan memenangkan beberapa duel. Bahkan umpan panjang Ragnar Oratmangoen membuahkan peluang emas bagi Indonesia pada menit ke-78.

Pada laga ini, Irak unggul terlebih dahulu pada menit ke-54 lewat gol penalti Aymen Hussein. Kemudian gol kedua dicetak Ali Jasim pada menit ke-88.

Hasil tersebut membuat Indonesia harus mengalahkan Filipina pada laga terakhir Grup F kualifikasi Piala Dunia untuk lolos ke babak ketiga sekaligus lolos ke Final Piala Asia 2027 Indonesia vs Filipina di Stadion GBK, Selasa (11/ 6).

(rhr/maaf)

Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Verdonk Gembira Diterima dengan Tangan Terbuka di Timnas Indonesia

20 September 2024 - 03:14

Marselino Ferdinan Resmi Gabung Oxford United

19 September 2024 - 18:15

Susunan Pemain Indonesia vs Filipina di Piala AFF U-19: Raven Cadangan

19 September 2024 - 15:15

Trending di Bola