Menu

Mode Gelap

LifeStyle · 9 Jun 2024

Sandiaga: Kabupaten Sukabumi Punya Destinasi Wisata Berkelas Dunia


					Sandiaga: Kabupaten Sukabumi Punya Destinasi Wisata Berkelas Dunia Perbesar

Jakarta, jurnalpijar.com —

Menteri Pariwisata dan Pembangunan Ekonomi (Menparekraf) Sandiaga Uno Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat memiliki banyak tempat wisata internasional, salah satunya adalah hadirnya UNESCO Global Geopark Silituh Palabuhanratu (UGGCP).

“Saya sangat terkesan dengan potensi pariwisata di wilayah Sukabumi yang masih bisa dikembangkan untuk menarik lebih banyak wisatawan domestik dan mancanegara,” ujarnya saat melakukan kunjungan kerja ke Palabuhanratu pada Kamis (23/5) malam.

Sandiaga, provinsi terbesar kedua di Pulau Jawa dan Bali, merupakan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), artinya pengembangan pariwisata menjadi faktor positif pertumbuhan ekonomi.

Menurutnya, wisatawan yang datang ke kawasan Sukkabumi mendapatkan paket lengkap. Menurut UGGCP, selain dapat menikmati indahnya pemandangan alam seperti gunung, hutan, pantai, sungai dan tempat wisata lainnya, pengunjung juga dapat memperoleh pengetahuan tentang asal usul terbentuknya Pulau Jawa.

San Diego mempromosikan potensi pariwisata internasional melalui pelayanan, aksesibilitas, fasilitas, hiburan (budaya) dan hal-hal lain yang membuat wisatawan betah.

Di sisi lain, wilayah Sukabumi memiliki beberapa desa wisata terbaik di Indonesia, seperti Desa Hanjeli dan desa adat. Padahal, potensi pariwisata tersebut dapat menjadi katalis pertumbuhan perekonomian daerah.

Mantan Wakil Gubernur Diki Jakarta ini mengatakan, pengembangan kawasan pariwisata di Provinsi Sukabumi dan perekonomiannya bisa dianggap penting.

Berkat berbagai inisiatif Bupati Sukabumi Marwan Hamami, kehadiran tempat wisata akan mengurangi pengangguran serta menciptakan lapangan kerja dan usaha baru bagi masyarakat setempat.

Saat ini, banyak mantan pekerja migran India yang tidak lagi bekerja di luar negeri karena mereka telah membuka usaha sendiri, namun menjalankan usaha sendiri di tempat asal mereka.

Salah satunya dengan membuat usaha persewaan rumah bagi wisatawan dan menciptakan produk seperti masakan dan kerajinan daerah Sukabumi.

“Selanjutnya, pada perayaan Hari Nelayan selalu diadakan acara budaya dan seni sebagai peluang untuk menarik wisatawan asing,” imbuhnya.

Sandiaga berharap potensi pariwisata Provinsi Sukkahumi dapat membantu mendongkrak pertumbuhan perekonomian daerah. Oleh karena itu, pemerintah pusat mendukung berbagai kegiatan pemerintah Sukabumi.

(Antara/Fra)

Artikel ini telah dibaca 4 kali

badge-check

Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Turunkan BB 12 Kg, Ini Menu Makan Sehari-hari Prilly Latuconsina

20 September 2024 - 11:16

Heboh Daftar Makeup Mengandung Karsinogen, Ini Kata BPOM

20 September 2024 - 10:14

20 Kota Termahal di Dunia 2024, Ada dari Negara Tetangga Indonesia

20 September 2024 - 01:17

Trending di LifeStyle