Menu

Mode Gelap

Edukasi · 27 Jun 2024

Apa Itu Nomor Sidanira dan Cara Cek secara Online


					Apa Itu Nomor Sidanira dan Cara Cek secara Online Perbesar

Jakarta, jurnalpijar.com –

Sidanira merupakan salah satu syarat proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) DKI Jakarta. Tapi berapa nomor Sidanira dan bagaimana cara mencarinya?

Sidanira merupakan nomor konfirmasi calon siswa SMA/SMA/SMK/Sederajat DKI Jakarta telah menyelesaikan prapendaftaran.

Program ini memungkinkan siswa untuk mengintegrasikan hasil belajar nilai sebelumnya ke dalam rapornya.

Nomor ini nantinya akan digunakan ketika calon mahasiswa ingin mengakses laman Sidanira https://sidanira.jakarta.go.id/. Berikut ini penjelasan detail mengenai apa itu nomor Sidanira dan cara mencarinya. Berapa nomor Sidanira?

Sidanira merupakan singkatan dari Sistem Penilaian Rapor, bukan nilai ujian nasional. Nomor ini tersedia saat Anda melakukan praregistrasi untuk mengakses halaman Sidanira di PPDB Jakarta.

Sidanira mengumpulkan informasi nilai rapor siswa selama bersekolah serta prestasi akademik dan non akademik siswa pada tahun terakhirnya.

Program ini memungkinkan siswa untuk meningkatkan hasil belajar pada rapornya.

Nantinya akan ada hasil akhir dari penjumlahan nilai-nilai yang berbeda tersebut. Kelas Sidanira hanya ada pada PPDB tingkat SMP dan SMA/SMK.

Jadwal pendaftaran akan dimulai pada tanggal 20 Mei 2024 pukul 08.00 dan berakhir pada tanggal 5 Juni 2024 pukul 12.00. 

Prapendaftaran PPDB sendiri merupakan langkah penting yang dilakukan siswa sebelum memilih jalur pilihan. Pilihannya mencakup akses, zonasi, otorisasi, orang tua/wali, atau penugasan guru/akademik anak.

Bagaimana cara mengecek nomor Sidanira?

Ikuti langkah-langkah berikut untuk memeriksa nomor Sidanira:

1. Buka https://sidanira.jakarta.go.id/prapenbesaran 2. Klik Daftar3. Masukkan ID pribadi Anda dan 5 alamat. Masukkan detail kartu keluarga Anda dan klik tombol Periksa NIK6. Program memeriksa kesesuaian data yang dimasukkan dengan data pada database masyarakat Dukcapil7. Jika informasi ditemukan, tinjau informasi yang muncul, dan klik Langkah Berikutnya. Masukkan jenjang kelulusan, asal kelulusan, tahun kelulusan, nomor telepon pelamar dan tanggal penerbitan kartu keluarga, lalu klik Langkah Berikutnya 9. Masukkan identitas sekolah asal seperti NPSN sekolah, Nama Sekolah, dan Akreditasi Sekolah. Apabila calon siswa berasal dari sekolah di wilayah DKI, ID sekolah dapat dilihat pada lembar referensi, pilih nama sekolah yang sesuai11. Isi rinciannya dan klik tombol Langkah Berikutnya, atau klik tombol Langkah Berikutnya untuk mengulangi langkah sebelumnya12. Periksa kembali keaslian data13. Jika ini salah, klik Berikutnya Langkah 14. Jika perlu, klik tombol Konfirmasi untuk konfirmasi sebelum mendaftar15. Periksa buktinya terdapat detail login, username dan password, gunakan untuk keluar dari rapor dan isi bagian sukses16. Download contoh dokumen SPTJM dan sertifikat penilaian menengah raport siswa dari sekolah di https://sidanira.jakarta.go.id/prapenbesaran-ppdb2024/regulation 17. Copy https://sidanira.jakarta.go .id/ pra-pendaftaran 18. Masukkan kembali nama pengguna dan kata sandi kartu pendaftaran di sistem Sidanira. Gantilah password tersebut dengan password baru yang mudah diingat. Unggah foto/scan Jenjang SMP: Rapor Keluarga Kelas 4 (Semester 1 dan 2), Kelas 5 (Semester 1 dan 2), dan Kelas 6 (Semester 1) Ijazah Akreditasi SMP. Tanda rapor siswa dari sekolah (bila ada) Surat Keterangan Lulus Akademik (bila ada) Surat Keterangan Tidak Lulus Akademik (bila ada) Surat Pertanggungjawaban Lengkap (SPTJM) Keaslian dokumen.

21. Unggah hasil scan (scan) atau foto dokumen tingkat SMA: Kartu Keluarga kelas 7 (semester 1 dan 2), kelas 8 (semester 1 dan 2), dan kelas 9 (semester pertama) Rapor Surat akreditasi sekolah . . Nilai rata-rata rapor sekolah (jika ada) Surat tanda lulus sekolah (jika ada) Surat tanda tidak lulus sekolah (jika ada) Sistem struktur kepengurusan OSIS/MPK. b) Prinsip Pengelolaan Ekstrakurikuler (jika ada)) Surat Kredit Penuh (SPTJM) Kelayakan dokumen

22. Catat hasil verifikasi dokumen yang diunggah. Verifikasikan nomor Sidanira pada bukti verifikasi pra-registrasi.

Demikian penjelasan mengenai apa itu nomor Sidanira dan cara mencarinya. Selamat atas keikutsertaan Anda pada PPDB Jakarta 2024. (juh/juh)

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Arti Launching dan Contoh Penggunaannya dalam Kalimat Bahasa Inggris

20 September 2024 - 09:16

3 Cara Cek E-meterai Asli atau Palsu untuk Daftar CPNS 2024

19 September 2024 - 23:16

Jelaskan Pengolahan dan Pemanfaatan Energi Batu Bara, Ini Jawabannya

19 September 2024 - 02:16

Trending di Edukasi