Menu

Mode Gelap

Edukasi · 6 Jul 2024

Niat Puasa Arafah, Tata Cara, dan Keutamaannya


					Niat Puasa Arafah, Tata Cara, dan Keutamaannya Perbesar

Jakarta, jurnalpijar.com —

Niat Puasa Arafah berikut ini bisa dibaca pada sore hari atau sebelum shalat Subuh.

Puasa Arafah merupakan puasa sunnah yang berlangsung sejak terbit fajar hingga terbenam matahari seperti puasa wajib pada umumnya.

Arafah sebenarnya sangat dianjurkan bagi mereka yang tidak menunaikan ibadah haji, karena prioritas utamanya adalah menghilangkan dosa.

Puasa Arfa merupakan puasa Sunnah yang dilaksanakan pada tanggal 9 Zulhijah. Dinamakan puasa ini karena dilaksanakan pada hari Arafah yang bertepatan dengan waktu wukuf (berdiri) jamaah Arafah di Badong.

Pada hari Arafa, jamaah berkumpul di Badong Arafa dekat kota Mekah. Mereka berdiri di tempat itu dan berdoa sebagai tanda puncak haji.

Umat ​​Islam yang tidak sedang menunaikan ibadah haji dianjurkan untuk berpuasa di hari Arafah sebagai wujud ibadah sunnah dan untuk memperoleh kemaslahatan yang dijanjikan Rasulullah.

Ramadhan Arafah 9 Zilhija 1445 Muharram diperingati pada Minggu, 16 Juni 2024, sehari sebelum Idul Adha.

Melansir laman NU, berikut niat baca al-Arafza beserta teks Arab dan Latin serta maknanya.

Arab-Latin: Nawaitu Shauma Ghadin ‘An Ada’i Sunnah Arafah Lillahi Ta’ala.

Artinya: “Demi Allah SWT, besok aku niat puasa sunah Arafah.”

Program puasa alfa

Proses puasa di Alpha mirip dengan puasa biasa. Perbedaannya hanya pada niat dan waktu pelaksanaan puasanya, yaitu sehari sebelum Idul Adha.

Sebelum berpuasa Arafat seharian, hendaknya umat Islam membacakan niat puasa Arafat pada malam hari atau menjelang subuh.

Setelah itu, umat Islam bisa berpuasa di Arafah mulai terbit fajar hingga terbenam matahari sambil memperbanyak shalat dan beramal shaleh agar mendapatkan pahala yang banyak.

Dalam jangka waktu tersebut, orang yang berpuasa tidak boleh melakukan apa pun yang dapat membatalkan puasanya, antara lain: sengaja memasukkan sesuatu ke dalam tubuhnya, memasukkan sesuatu ke dalam vagina atau anus, sengaja muntah, melakukan persetubuhan, sengaja ejakulasi, haid dan nifas, sedang berada di dalam rahim. keadaan gangguan jiwa atau kegilaan. meninggalkan Islam atau murtad

Preferensi puasa dalam alfa

Makna puasa Arafah sungguh luar biasa dan barangsiapa yang menjalankan puasanya dengan ikhlas dan niat yang benar, insya Allah akan diberikan pahala sebagai berikut:

Maknanya: “Puasa pada hari Arafah dapat menghapus dosa dua tahun sebelumnya dan dua tahun berikutnya, sedangkan puasa Asyura (10 Muharram) dapat menghapus dosa satu tahun sebelumnya” (HR Muslim).

Demikianlah Pengertian dan Tafsir Niat Puasa Arafat yang merupakan amalan Sunnah penting bagi umat Islam saat Idul Adha. (AVD/FEF)

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Arti Launching dan Contoh Penggunaannya dalam Kalimat Bahasa Inggris

20 September 2024 - 09:16

3 Cara Cek E-meterai Asli atau Palsu untuk Daftar CPNS 2024

19 September 2024 - 23:16

Jelaskan Pengolahan dan Pemanfaatan Energi Batu Bara, Ini Jawabannya

19 September 2024 - 02:16

Trending di Edukasi