Menu

Mode Gelap

LifeStyle · 8 Jul 2024

10 Kota Terpintar di Dunia versi Smart City Index 2024, Tak Ada RI


					10 Kota Terpintar di Dunia versi Smart City Index 2024, Tak Ada RI Perbesar

Jakarta, jurnalpijar.com —

Institute of Management and Development (IMD) telah menerbitkan peringkat kota terpintar berdasarkan survei Smart City Index 2024.

Kota-kota ini unggul dalam bidang teknologi, infrastruktur, dan layanan serta memberikan wawasan tentang apa yang menjadikan kota pintar.

Indeks tahun ini dibuat oleh Smart Cities Observatory dari IMD World Competitiveness Center yang bekerja sama dengan World Smart Sustainable Cities Organization (WeGO) yang berbasis di Seoul, Korea Selatan.

Laporan tersebut mengumpulkan 142 kota pintar di seluruh dunia berdasarkan data yang dianalisis oleh para peneliti dan tanggapan survei dari 120 penduduk di setiap kota.

Menurut IMD, kota pintar adalah lingkungan perkotaan yang menggunakan teknologi untuk meningkatkan manfaat urbanisasi sekaligus meminimalkan kelemahannya.

Hal ini bukan hanya tentang memiliki universitas atau industri yang inovatif, namun tentang penerapan teknologi yang meningkatkan kesehatan, keselamatan, mobilitas, aktivitas, peluang dan tata kelola.

Dalam pemeringkatan tahun 2024, Zurich memimpin selama empat tahun berturut-turut, diikuti oleh Oslo dan Canberra, yang menonjol dalam bidang transportasi umum, ruang hijau, dan kualitas udara.

Kota-kota ini menunjukkan betapa kuatnya infrastruktur dan kebijakan ramah lingkungan dapat menciptakan lingkungan yang lebih baik bagi warganya.

Di bawah ini 10 kota terpintar di dunia menurut IMD Smart City Index seperti dilansir Time Out.

1. Zurich, Swiss2. Oslo, Norwegia 3. Canberra, Australia 4. Jenewa, Swiss 5. Singapura 6. Kopenhagen, Denmark7. Lausanne, Swiss8. London, Inggris9. Helsinki, Finlandia 10. Abu Dhabi, Uni Emirat Arab

Meskipun Eropa mendominasi daftar ini, kota-kota di Asia juga mengalami pertumbuhan yang signifikan.

Singapura secara konsisten berada di peringkat 10 besar sejak indeks ini diluncurkan pada tahun 2019, dan naik dua peringkat pada tahun ini.

Kota Taipei juga mengalami lompatan besar, naik 13 peringkat dalam setahun. Mengutip CNBC, berikut 5 kota pintar teratas di Asia.

1. Singapura (tempat ke-5)2. Beijing, Tiongkok (tempat ke-13)3. Taipei, Taiwan (tempat ke-16)4. Seoul, Korea Selatan (tempat ke-17)5. Shanghai, Tiongkok (peringkat ke-19)

(anm/pua)

Artikel ini telah dibaca 3 kali

badge-check

Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Turunkan BB 12 Kg, Ini Menu Makan Sehari-hari Prilly Latuconsina

20 September 2024 - 11:16

Heboh Daftar Makeup Mengandung Karsinogen, Ini Kata BPOM

20 September 2024 - 10:14

20 Kota Termahal di Dunia 2024, Ada dari Negara Tetangga Indonesia

20 September 2024 - 01:17

Trending di LifeStyle