Menu

Mode Gelap

Edukasi · 11 Jul 2024

Kapan Puasa Arafah dan Tarwiyah 2024? Ini Tanggalnya


					Kapan Puasa Arafah dan Tarwiyah 2024? Ini Tanggalnya Perbesar

Jakarta, jurnalpijar.com —

Puasa Arafa dan Tarwiyyah merupakan puasa yang dilakukan sebelum Idul Adha. Kedua puasa ini sunnah, jika kamu melakukannya maka kamu akan mendapat pahala, dan jika kamu tidak melakukannya kamu tidak akan berdosa.

Lantas kapan puasa Arafah dan Tarwiyyah di tahun 2024? Berikut perkiraan tanggal berdasarkan penanggalan Hijriah.

Menurut situs NU, puasa Arafa dan Tarwiyya dilaksanakan pada 10 hari pertama bulan Dzulhijjah.

Artinya: “Dari Ibnu Abbas dengan kualitas hadis marfu. “Tidak ada hari yang dilebihkan Allah atas amalan Allah selain hari-hari ini, yaitu sepuluh hari Dzulhijjah.” Kemudian para Sahabat bertanya, “Tidak ada Jihad juga ya Rasulullah?”

Puasa Arafa dan Tarwiyyah dianjurkan hanya bagi yang tidak menunaikan haji, sedangkan bagi yang menunaikan haji tidak dianjurkan melakukan puasa tersebut.

Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) resmi menetapkan 1 Zulhiya 1445 H jatuh pada Sabtu, 8 Juni, sedangkan Idul Adha 10 Zulhiya 1445 H jatuh pada Senin, 17 Juni 2024.

Lantas, kapan puasa Arafa dan Tarwiyyah bisa dilaksanakan mulai tahun 2024? Sehubungan dengan keputusan tersebut, umat Islam akan terlebih dahulu menjalankan puasa Tarwiyyah Sunnah.

Puasa tarwiyyah merupakan puasa sunah yang dilakukan pada tanggal 8 Dzulhijjah 1445 Hijriah atau dua hari sebelum Idul Adha yaitu Sabtu tanggal 15 Juni 2024.

Disebut puasa tarwiya karena puasa ini bertepatan dengan hari tarwiya atau hari perbekalan.

Dinamakan demikian karena jamaah haji pada zaman Nabi Muhammad SAW biasa mengisi air di Mina pada hari Tarwiya sebagai bekal perjalanan menuju Arafah.

Usai puasa Tarwiyya, umat Islam dapat melanjutkan puasa Arafah yang diperingati pada tanggal 9 Dzulhijjah 1445 Hijriah atau sehari sebelum Idul Adha, yakni Minggu 16 Juni 2024.

Puasa di Arafah sangat dianjurkan bagi orang yang tidak menunaikan ibadah haji. Disebut Puasa Arafa karena bertepatan dengan waktu wukuf di Padang Arafa yang dilakukan oleh jamaah haji.

Keutamaan Puasa Arafa dan Tarwiyyah

Meski tidak berpuasa bukan dosa, namun puasa Arafah dan Tarwiyyah memiliki manfaat yang luar biasa bagi yang melakukannya. Berikut Keutamaan Puasa Arafa dan Tarwiyyah · Keutamaan Puasa Tarwiyyah

Artinya: “Puasa pada hari Tarwiya dapat menghapus dosa setahun. Puasa di hari Arafah dapat menghapus dosa dua tahun”, (H.R. Abus Syaikh Al-Ishfahani dan Ibnun Najar). · Keutamaan puasa Arafa

Artinya: “Puasa hari Arafah dapat menghapus dosa dua tahun yang lalu dan yang akan datang, dan puasa Asyura (10 Muharram) menghapus dosa satu tahun yang lalu” (HR Muslim).

Demikian informasi jadwal kapan puasa Arafa dan Tarwia 2024. Kami berharap umat Islam yang tidak mampu dapat menjalankan kedua puasa ini untuk mendapatkan kebaikan dari Allah SWT. (avd/fef)

Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Arti Launching dan Contoh Penggunaannya dalam Kalimat Bahasa Inggris

20 September 2024 - 09:16

3 Cara Cek E-meterai Asli atau Palsu untuk Daftar CPNS 2024

19 September 2024 - 23:16

Jelaskan Pengolahan dan Pemanfaatan Energi Batu Bara, Ini Jawabannya

19 September 2024 - 02:16

Trending di Edukasi