Menu

Mode Gelap

Edukasi · 18 Sep 2024

Kenapa Ubur-Ubur Transparan? Ternyata Ini Alasannya


					Kenapa Ubur-Ubur Transparan? Ternyata Ini Alasannya Perbesar

Jakarta, jurnalpijar.com —

Ubur-ubur merupakan salah satu makhluk laut yang memiliki bentuk unik dan tubuh transparan. Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa ubur-ubur itu transparan?

Tentu berbeda dengan hewan laut lainnya seperti ikan beraneka warna.

Untuk memahami kenapa warna tubuh ubur-ubur transparan, baca Apa Itu Ubur-ubur dari Britannica dan sumber lainnya?

Ubur-ubur merupakan hewan laut yang termasuk dalam suku Cnidaria. Struktur tubuh ubur-ubur berbentuk lonceng atau payung, serta terdapat payung pada bagian tepi tubuhnya.

Sebagian besar tubuhnya didominasi oleh air, dan ubur-ubur ini tidak memiliki otak, jantung, atau sistem pernapasan.

Gaya hidup ubur-ubur adalah berenang atau terbawa arus. Habitatnya berada di perairan laut mulai dari permukaan hingga kedalaman tertentu, dan keberadaannya terdapat di seluruh samudra di dunia.

Ubur-ubur adalah makhluk laut yang memakan plankton dan ikan-ikan kecil. Mereka menggunakan gigi untuk menangkap mangsanya.

Kebanyakan ubur-ubur memiliki sel penyengat (nematocyst) di dalam tubuhnya, dan beberapa spesies ubur-ubur bahkan berbahaya bagi manusia.

Mengapa ubur-ubur transparan?

Dikutip dari Laman Penelitian Ubur-ubur tergolong spesies yang sangat sederhana karena sebagian besar tubuhnya terdiri dari air. Faktanya, tubuh mereka sekitar 90 persen terdiri dari air.

Mereka hidup di lingkungan laut yang berbeda. Karena ubur-ubur terbuat dari air, mereka berenang secara alami.

Selain itu, tubuh ubur-ubur didesain transparan atau transparan, sehingga dapat memberikan keuntungan besar dalam kelangsungan hidupnya di lingkungan laut.

Dengan tubuhnya yang transparan, memungkinkan ubur-ubur menyatu dengan lingkungan perairan dan mudah tidak terlihat oleh predator, serta memberikan perlindungan alami yang efektif.

Transparansi membantu ubur-ubur menyerap cahaya, sehingga ubur-ubur dapat bersembunyi di warna putih, coklat, atau cerah.

Ubur-ubur juga tidak perlu menggunakan energi untuk menghasilkan pigmen warna, melainkan menggunakannya untuk tujuan lain, seperti menghemat energi untuk mencari makan dan tumbuh.

Namun tidak semua ubur-ubur benar-benar transparan. Beberapa spesies ubur-ubur memiliki warna atau corak tertentu, terutama pada ekor dan organ reproduksinya.

Apa yang unik dari ubur-ubur?

Ubur-ubur memiliki banyak ciri unik yang menjadikannya makhluk laut yang menarik untuk dipelajari. Ubur-ubur itu unik Beberapa jenis ubur-ubur memiliki siklus hidup tetapi menggunakan jaringan saraf Beberapa jenis ubur-ubur mampu berkomunikasi, berenang atau menarik mangsa Ubur-ubur yang tingginya bisa mencapai 2 meter memiliki sel khusus yang menggigit mangsanya dengan nematosista, yang tidak dimiliki ubur-ubur . sistem pernapasan, tetapi mereka menyerap oksigen langsung dari permukaan tubuh mereka.

Ini menjelaskan mengapa ubur-ubur transparan dan berbagai ciri khasnya yang perlu Anda ketahui. (avd/juh)

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Arti Launching dan Contoh Penggunaannya dalam Kalimat Bahasa Inggris

20 September 2024 - 09:16

3 Cara Cek E-meterai Asli atau Palsu untuk Daftar CPNS 2024

19 September 2024 - 23:16

Jelaskan Pengolahan dan Pemanfaatan Energi Batu Bara, Ini Jawabannya

19 September 2024 - 02:16

Trending di Edukasi