Menu

Mode Gelap

Edukasi · 21 Sep 2024

Kenapa Ada Buah yang Hanya Tumbuh di Musim Tertentu?


					Kenapa Ada Buah yang Hanya Tumbuh di Musim Tertentu? Perbesar

Jakarta, jurnalpijar.com —

Dilihat dari masa tumbuh dan panennya, Indonesia mempunyai dua kelompok buah-buahan, yaitu buah-buahan yang tumbuh sepanjang musim dan buah-buahan yang tumbuh dan masak hanya pada musim-musim tertentu yang disebut musiman.

Lantas, mengapa buah-buahan tertentu tumbuh pada musim tertentu? Baca deskripsinya.

Letak geografis Indonesia yang berada di daerah tropis dengan tanah subur dan sinar matahari sepanjang tahun membuat banyak tanaman mampu menyuburkan dan tumbuh subur.

Laman Geeks for Geeks mencatat Indonesia merupakan negara penghasil buah terbesar keenam di dunia. Konon Indonesia bisa menghasilkan lebih dari 23 juta ton buah setiap tahunnya, karena buah tersebut tumbuh pada musim tertentu.

Di Indonesia, tanaman buah-buahan dapat tumbuh dan berbuah pada musim-musim tertentu tergantung kebutuhan lingkungannya.

Pasalnya, banyak jenis tanaman buah-buahan yang lebih sensitif terhadap faktor curah hujan dan kelembapan. Itu sebabnya buah ini hanya tumbuh pada musim tertentu saja.

Misalnya buah-buahan yang tumbuh saat musim hujan seperti mangga, rambutan, durian, doku, dan salak. Tanaman buah-buahan ini membutuhkan air dan kelembapan yang tinggi untuk tumbuh dan berbuah.

Selain itu, ada juga buah-buahan musiman yang tumbuh pada musim kemarau. Pada musim ini intensitas sinar matahari sangat tinggi dengan curah hujan yang relatif sedikit.

Sering dijumpai pada musim kemarau, buah ini memerlukan iklim yang hangat untuk membantu pertumbuhan buahnya. Misalnya semangka, melon, jeruk.

Karena buah-buahan musiman tersedia dalam jangka waktu terbatas dan permintaannya tinggi, maka tidak mengherankan jika harga buah-buahan musiman lebih mahal dibandingkan buah-buahan yang ditanam sepanjang tahun, seperti pisang, nangka, dan pepaya.

Contoh buah-buahan musiman

Di bawah ini beberapa jenis buah-buahan yang hanya tumbuh pada musim tertentu di Indonesia 1. mangga

Buah mangga memiliki rasa yang manis dan segar, menjadikan mangga sebagai salah satu buah yang paling digemari pada musimnya.

Mangga tumbuh subur dari bulan Oktober hingga Desember. Jenis mangga yang paling populer adalah: Mangga aromatik manis, Golak, Manalagi, Asal dan Indermayo 2. Dorian

Dikenal sebagai rajanya buah-buahan, buah ini banyak ditemukan di Indonesia. Durian banyak tumbuh pada akhir hingga awal tahun, terutama pada bulan Oktober hingga Desember.

Rasanya yang manis dan aromanya yang pedas membuat durian menjadi favorit saat musim tiba. Durian mengandung banyak vitamin, mineral dan antioksidan yang melindungi tubuh dari paparan radikal bebas. rambutan

Musim rambutan terjadi pada akhir tahun hingga awal tahun, terutama pada bulan November hingga Februari.

Jenis rambutan yang ada di Indonesia berbeda-beda tergantung daerah tempat tumbuhnya, seperti rambutan binjai, rambutan rapiah, rambutan garuda dan masih banyak lagi yang lainnya. Manggis

Disebut ratu buah-buahan, buah ini biasanya tumbuh pada akhir musim hujan hingga awal musim kemarau, sekitar bulan November hingga Maret.

Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Sumatera Barat merupakan daerah penghasil manggis terbesar.

5. Dok

Contoh selanjutnya adalah buah musiman. Musim Doku biasanya diadakan pada awal tahun. Indonesia mempunyai banyak sekali jenis doku papan atas, salah satunya doku palembang.

Buah tropis ini memiliki kemiripan dengan buah terpanjang. Namun keduanya merupakan jenis berbeda yang mempengaruhi struktur, rasa, dan kandungan nutrisinya.

Selanjutnya akan kami jelaskan pertanyaan mengapa buah tumbuh pada musim tertentu. Saya harap ini bermanfaat. (hd/fef)

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

55 Tema Hari Raya Idul Adha yang Menarik untuk Sekolah hingga Masjid

21 September 2024 - 02:14

Arti Launching dan Contoh Penggunaannya dalam Kalimat Bahasa Inggris

20 September 2024 - 09:16

3 Cara Cek E-meterai Asli atau Palsu untuk Daftar CPNS 2024

19 September 2024 - 23:16

Trending di Edukasi