Menu

Mode Gelap

Otomotif · 22 Jun 2024

4 Penyebab Lampu Mobil Tidak Mau Padam


					4 Penyebab Lampu Mobil Tidak Mau Padam Perbesar

Jakarta, jurnalpijar.com —

Mobil yang dirawat dengan baik akan mempunyai performa yang baik, sedangkan mobil yang tidak dirawat dengan baik akan menderita, misalnya lampu mobil tidak bisa dimatikan.

Jika kondisi ini dibiarkan terus menerus pasti akan mengurangi kenyamanan berkendara. Oleh karena itu, perlu memperhatikan bagian-bagian lampu, jika tidak sempat ada baiknya mengunjungi bengkel terpercaya.

Penting juga untuk mengetahui apa saja penyebab lampu mobil tetap menyala agar pengguna dapat memahami cara terbaik untuk mengatasinya.

Merujuk keterangan resmi Auto2000, berikut beberapa faktor penyebab lampu mobil tidak mati: 1. Sambungan kabel tidak tepat.

Sambungan kabel yang tidak tepat atau rusak pada kendaraan dapat menyebabkan lampu tetap menyala. Sambungan yang longgar atau putus dapat menyebabkan arus listrik bocor ke lampu.

Hal ini mungkin disebabkan oleh perbaikan yang tidak tepat atau kerusakan fisik pada kabel. Oleh karena itu, penting untuk membawa kendaraan ke bengkel resmi terpercaya untuk segala perbaikan yang diperlukan.2. Ada masalah dengan sekringnya

Sekering merupakan salah satu bagian penting pada sistem kelistrikan mobil dan berperan dalam melindungi rangkaian kelistrikan dari kerusakan akibat arus lebih.

Apabila terjadi masalah seperti sekring putus atau rusak maka aliran cahaya dapat terganggu sehingga menyebabkan lampu tetap menyala tanpa dapat padam.

3. Debu menumpuk

Lampu mobil bisa saja tidak mati karena adanya penumpukan debu dan kotoran di sekitar saklar lampu atau di dalam rumah lampu depan.

Debu yang menumpuk dapat menyumbat atau mengganggu fungsi saklar lampu, sehingga lampu tetap menyala meski dimatikan. Mobil jarang diservis

Jika mobil tidak diservis secara rutin, lampu bisa tidak mati.

Komponen seperti saklar lampu, kabel dan sekring harus diperiksa dan dirawat secara teratur untuk memastikan kinerja optimal.

Jarang melakukan servis pada mobil dapat meningkatkan risiko terjadinya masalah pada lampu mobil Anda.

(tagihan/mikrofon)

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Ragam Kendaraan Elektrifikasi Toyota Diterjunkan di Paralimpiade 2024

22 September 2024 - 05:20

Datang ke GIIAS 2024 Jangan Lupa Test Drive, Berikut Lokasinya

21 September 2024 - 17:14

Sejarah 25 Tahun Mobil Hybrid Honda di Dunia

20 September 2024 - 16:14

Trending di Otomotif