Menu

Mode Gelap

Teknologi · 11 Jul 2024

Elon Musk Ungkap Nasib Starlink saat Badai Matahari Dahsyat Serbu Bumi


					Elon Musk Ungkap Nasib Starlink saat Badai Matahari Dahsyat Serbu Bumi Perbesar

Jakarta, jurnalpijar.com —

Badai matahari paling hebat dalam dua dekade terakhir telah diidentifikasi melanda jaringan satelit Starlink.

Fenomena luar angkasa yang terlihat di Bumi sejak Jumat malam (5 Oktober) ini menyebabkan pertunjukan cahaya spektakuler berupa aurora melintasi langit dari Tasmania hingga Inggris.

Selain keindahannya, badai matahari ini menyebabkan pemadaman listrik di beberapa negara dan mengganggu operasional satelit, termasuk Starlink.

“Ada badai matahari geomagnetik besar yang sedang terjadi saat ini. Yang terbesar dalam waktu yang lama,” kata Elon Musk, X, CEO SpaceX, yang mengoperasikan Starlink, dalam cuitannya pada Sabtu (5/11).

“Satelit Starlink berada di bawah banyak tekanan, namun sejauh ini mereka mampu bertahan,” akunya.

Pusat Prediksi Cuaca Antariksa Badan Kelautan dan Atmosfer Nasional (NOAA) AS mengatakan lontaran massa koronal (CME), badai matahari yang disebabkan oleh pelepasan plasma dan medan magnet dari Matahari, mencapai Bumi pada pukul 18:54 pada hari Jumat. ‘Jam. EDT (Sabtu, 05.54 WIB) .

“Peristiwa ekstrem terakhir (G5) terjadi saat badai Halloween pada Oktober 2003,” kata pernyataan itu.

NOAA mengungkapkan fenomena tersebut menyebabkan pemadaman listrik di Swedia dan merusak infrastruktur listrik di Afrika Selatan.

Para pejabat telah meminta operator satelit, maskapai penerbangan, dan jaringan listrik untuk waspada terhadap gangguan yang disebabkan oleh perubahan medan magnet bumi.

Satelit Starlink, yang berbentuk konstelasi atau susunan beberapa satelit, berada di orbit Bumi yang rendah, sehingga memberikan latensi yang rendah. Artinya sinyal internet Starlink memiliki latensi yang sangat rendah.

Uji Laik Operasional (ULO) layanan internet satelit telah disetujui Kementerian Informasi dan Komunikasi. Satelit tersebut akan resmi beroperasi di Indonesia pada Mei dan akan diuji coba di Ibu Kota Negara (IKN) nusantara pada pertengahan bulan ini.

Efek pada astronot

Berbeda dengan jilatan api matahari yang bergerak dengan kecepatan cahaya dan mencapai Bumi dalam waktu sekitar delapan menit, CME bergerak dengan kecepatan yang lebih lambat.

Para pejabat memperkirakan kecepatan rata-rata saat ini adalah 800 kilometer (500 mil) per detik.

Mereka berasal dari gugusan besar matahari yang berukuran sekitar 17 kali ukuran Bumi. Matahari mendekati puncak siklus 11 tahunannya, yang menyebabkan peningkatan aktivitas.

Selain satelit, pesawat ruang angkasa juga berisiko terkena radiasi matahari tingkat tinggi. Radiasi dicegah memasuki bumi oleh atmosfer.

NASA memiliki tim khusus yang memantau keselamatan astronot, termasuk dampak badai matahari, dan mungkin meminta mereka yang berada di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) untuk pindah ke tempat yang memiliki perlindungan lebih baik.

(Tim/Arh)

Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Risau Ancaman Starlink, China Bakal Buat Konstelasi Satelit Tandingan

20 September 2024 - 15:15

Teori Konspirasi Penembakan Trump Viral di X saat Musk Akui Dukungan

19 September 2024 - 04:14

Daftar Daerah Terancam Cuaca Ekstrem Saat Kemarau Mulai Menyapa

18 September 2024 - 21:15

Trending di Teknologi