Menu

Mode Gelap

Otomotif · 27 Jul 2024

Vinfast Mulai Bangun Pabrik Senilai Rp3,2 T di Subang


					Vinfast Mulai Bangun Pabrik Senilai Rp3,2 T di Subang Perbesar

Jakarta, jurnalpijar.com —

Produsen mobil Vietnam Vinfast pada Senin (15 Juli) memulai pembangunan pabrik kendaraan listrik di Subang, Jawa Barat, sebagai bentuk komitmennya terhadap Indonesia.

Mulai tahun ini, perseroan menyetorkan modal awal sebesar US$200 juta atau Rp3,2 triliun.

“Ini termasuk komponen penggerak kanan yang dirancang khusus untuk pasar Indonesia,” kata Nguyen Duc Thanh, Senior Advisor Vingroup Chairman dan CEO Vgreen Global Charging Station Jsc, Senin (15 Juli) di Subang, Jawa Barat.

Berdasarkan pemberitaan sebelumnya, Presiden Jokowi menyebutkan potensi investasi produsen mobil Vietnam VinFast di Indonesia sebesar 1,2 miliar dolar AS atau Rp 18,6 triliun (kurs 15.544 rupiah). Dana tersebut akan digunakan untuk membangun pabrik kendaraan listrik dengan target mulai berproduksi pada tahun 2026.

Jokowi mengatakan pembangunan pabrik kendaraan listrik VinFast akan memperkuat ekosistem kendaraan listrik Tanah Air.

“Investasi VinFast di industri kendaraan listrik Indonesia senilai US$1,2 miliar dan ditargetkan mulai berproduksi pada tahun 2026. Saya berharap VinFast dapat bekerja sama dengan pengusaha dan peneliti Indonesia,” kata Jokowi dalam perbincangan dengan investor Vietnam, Sabtu (13/1). .

Kapasitas pabrik Vinfast

Luas pabrik Vinfast melebihi 100 hektar. Pabrik VinFast memiliki kapasitas produksi 50.000 unit per tahun dan menargetkan mempekerjakan 1.000 hingga 3.000 orang.

VinFast berencana untuk mulai beroperasi di pabrik tersebut pada kuartal keempat tahun 2025, memproduksi kendaraan listrik penggerak kanan.

Fasilitas produksi VinFast akan memiliki beberapa area produksi utama seperti bengkel bodi, bengkel perakitan akhir, area pengujian bengkel cat, dll.

Pabrik tersebut dinilai sangat strategis karena letaknya yang dekat dengan pelabuhan.

“Saat ini Subang merupakan kawasan yang sangat strategis, dekat dengan bandara, pelabuhan, jalan tol, bahkan lebih dekat ke Jakarta,” kata Kepala Staf Kepresidenan Purnawirawan Jenderal TNI Moeldoko seperti dikutip Seconds.

Di Indonesia, VinFast meluncurkan VF e34 dan VF 5.

VinFast adalah merek mobil yang dikembangkan oleh Vingroup, perusahaan real estate terbesar di Vietnam. Vingroup bertujuan untuk memproduksi 500.000 kendaraan di Vietnam pada tahun 2025.

VinFast ingin menjaga tidak hanya pembuangan baterai mobil listriknya. Mereka melihat peluang bisnis yang besar dalam industri BESS (Battery Energy Storage Systems) yang bernilai miliaran dolar yang berkembang pesat.

(Perintah/Mikrofon)

Artikel ini telah dibaca 3 kali

badge-check

Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Sejarah 25 Tahun Mobil Hybrid Honda di Dunia

20 September 2024 - 16:14

Motor Kebal Pembatasan BBM Subsidi Pertalite 1 Oktober

19 September 2024 - 21:19

Pertamina Bakal Luncurkan BBM Rendah Sulfur, Pakai Nama Pertalite?

19 September 2024 - 17:18

Trending di Otomotif