Menu

Mode Gelap

Internasional · 31 Jul 2024

68 Penumpang Kapal Pesiar Alaska Diisolasi usai Kena Norovirus


					68 Penumpang Kapal Pesiar Alaska Diisolasi usai Kena Norovirus Perbesar

Jakarta, jurnalpijar.com —

Sebanyak 68 penumpang kapal Celebrity Cruise yang berbasis di AS tertular Norovirus. Mereka dipisahkan dan sampel diambil untuk dianalisis.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS melaporkan, 68 dari 2.264 penumpang jatuh sakit pada akhir perjalanan mereka ke Alaska pada Jumat (7/6). Angka ini termasuk lima anggota staf anjing.

Gejala utama yang dilaporkan termasuk muntah dan diare.

“Jumlah penumpang yang melaporkan sakit selama seluruh perjalanan penumpang: 68 dari 2.264 (3 persen),” menurut CDC dalam situs resminya.

Sedangkan jumlah pekerja yang melaporkan sakit saat bepergian dari total angkatan kerja mencapai 5 orang dari 943 angkatan kerja (0,53 persen).

“Agen penyebab: norovirus,” lanjut CDC.

Menanggapi wabah tersebut, badan tersebut mengatakan, Celebrity Cruises dan kru melaporkan tindakan berikut, termasuk mengumpulkan sampel, memisahkan penumpang dan awak yang sakit, dan berkomunikasi dengan CDC tentang prosedur sanitasi yang diusulkan.

Pelayaran, yang berlayar dari 24 hingga 31 Mei, memulai pelayaran Alaska selama seminggu antara Vancouver dan Seward.

Norovirus kadang-kadang disebut “flu perut” atau “kutu perut”, meskipun tidak ada hubungannya dengan flu. CDC mengatakan norovirus sangat menular.

Menurut Independent, juru bicara Royal Caribbean Group, perusahaan pemilik Celebrity Cruises, mengatakan kapal telah dibersihkan dan tidak ada penumpang yang sakit selama pelayaran.

Kejadian ini merupakan wabah Norovirus kedua di kapal pesiar terkenal tersebut. Pada bulan Januari, sekitar 100 penumpang terinfeksi virus tersebut.

Tahun ini, tujuh kasus gastroenteritis telah dilaporkan di kapal pesiar. Sebagian besar kasus disebabkan oleh norovirus, meskipun kapal pesiar kemungkinan besar tidak menjadi sumber penularan.

Sebagian besar infeksi Norovirus terjadi di fasilitas kesehatan (62 persen). Namun virus ini mudah menular di tempat-tempat berkumpulnya banyak orang, seperti kapal pesiar, restoran, dan rumah sakit.

(lainnya)

Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Bom-bom Israel ke Gaza Mengalahkan Kebrutalan Perang Dunia 2

20 September 2024 - 08:14

Tabrakan Kereta di Ceko Tewaskan 4 Orang

20 September 2024 - 07:15

81 Warga Nigeria Tewas dalam Serangan Teroris Boko Haram

20 September 2024 - 05:15

Trending di Internasional