Menu

Mode Gelap

Ekonomi · 18 Agu 2024

Daftar Lengkap Uang Kuliah Tunggal di 5 Kampus Ternama RI


					Daftar Lengkap Uang Kuliah Tunggal di 5 Kampus Ternama RI Perbesar

Jakarta, jurnalpijar.com –

Uang sekolah terpadu (UKT) dirugikan karena semakin mahal dan tidak memihak masyarakat miskin. Sejumlah kalangan, termasuk mahasiswa, menentang hal tersebut.

Besaran kenaikan UKT ditetapkan dalam Peraturan Permendikbudristek (Permendikbudristek) Nomor 2 Tahun 2024 tentang Peraturan Departemen Biaya Penyelenggaraan Perguruan Tinggi di PTN Kemendikbudristek.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud) Nadiem Makarim mengatakan, kenaikan UKT dalam prosesnya tidak akan mempengaruhi pemisahan UKT di tingkat bawah.

“Dan kami melihat kebijakan UKT ini tidak akan berdampak pada merek UKT di level bawah,” kata Nadiem dalam rapat kerja bersama Komisi X DPR RI, Jakarta, Selasa (21/5).

Setiap universitas mempunyai nilai UKT yang berbeda-beda, tergantung jurusan mahasiswanya. Biasanya UKT yang paling mahal ditugaskan untuk pemeriksaan kesehatan.

Berikut daftar UKT program sarjana di 5 universitas terbaik di Indonesia periode 2024-2025: 1. Universitas Indonesia (UI) 

UI menetapkan UKT pada kisaran Rp500 ribu hingga Rp20 juta per semester bagi mahasiswa pada SNBP, SNBT, dan Jalur Mandiri (PPKB, Seleksi Jalur Sukses/SJP dan SIMAK). Semakin tinggi biaya mahasiswa yang dibayarkan UKT.

Khusus mahasiswa yang lolos jalur UI Kemerdekaan atau SIMAK UI harus membayar Biaya Pengembangan Industri (IPI) atau biaya inisiasi yang dibayarkan satu kali.

Besaran IPI tergantung fakultas, mulai Rp 22,5 juta hingga Rp 161,67 juta untuk institusi kedokteran.

2. Universitas Gadjah Mada (UGM)

UGM menilai UKT sesuai kemampuan finansial mahasiswa. Biaya UKT mulai dari Rp 0 hingga 30 juta per semester.

– S1 Ilmu Sosial dan Humaniora : Rp 0 – Rp 12,5 juta per semester – Pendidikan S1 Sains, Teknologi dan Kesehatan : Rp 0 – Rp 30 juta per semester3. Institut Teknologi Bandung

Biaya UKT ITB berkisar antara Rp500 ribu hingga Rp14,5 juta per semester. Khusus untuk kelas internasional, biaya UKT mencapai Rp 30 juta per semester.

Selain itu, ada biaya pengembangan yang dibebankan per semester. Selama semester I-II besaran IPI sebesar Rp 25 juta. Sedangkan untuk semester III-VIII besaran IPI sebesar Rp 12,5 juta.

Khusus bagi pemegang Kartu Indonesia Pintar Perguruan Tinggi (KIP-K), mahasiswa yang memenuhi syarat akan dibebaskan dari biaya pendidikan dan biaya pendaftaran. Selain itu, peserta KIP-K juga akan mendapat bantuan biaya hidup sebesar Rp800 ribu hingga Rp1,4 juta per bulan.

4. Universitas Padjadjaran (Unpad)

Unpad membagi kelompok UKT menjadi 8. Besaran UKT untuk mahasiswa SNBP/SNBT dan Mandiri Pendidikan mulai Rp500 ribu hingga Rp24 juta.

Selain itu, siswa baru juga menerima biaya IPI mulai dari Rp 15 juta hingga Rp 195 juta, tergantung gurunya.5. Institut Pertanian Bogor (IPB)

Mahasiswa baru IPB pada jalur SNBP/SNBT dan Jalur Mandiri wajib membayar biaya UKT berkisar antara Rp5 juta hingga Rp25 juta per semester.

(nama/sfr)

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Kode Pamitan Sri Mulyani: I’m Gone

20 September 2024 - 14:14

Rupiah Tertekan ke Rp16.228 Pagi Ini Imbas Kondisi Politik AS

20 September 2024 - 04:15

Melihat Besaran Gaji PNS Kementerian Keuangan

19 September 2024 - 19:14

Trending di Ekonomi