Menu

Mode Gelap

Olahraga · 24 Agu 2024

Leon Marchand, Atlet Peraih Emas Terbanyak di Olimpiade 2024


					Leon Marchand, Atlet Peraih Emas Terbanyak di Olimpiade 2024 Perbesar

Jakarta, jurnalpijar.com —

Perenang asal Prancis Leon Marchand menjadi peraih medali emas terbanyak di Olimpiade Paris 2024. Ia menjadi satu-satunya yang mampu mengoleksi empat medali emas pada edisi kali ini.

Marchand tampil di lima ajang kompetitif renang selama itu. Selain empat emas, atlet berusia 22 tahun itu juga meraih satu perunggu. Penghitungannya lima medali menjadikannya pencetak gol terbanyak Prancis di Olimpiade 2024.

Marchand juga merupakan peraih medali emas tertinggi dalam sejarah negaranya. Sebelumnya ada empat atlet Prancis yang mampu meraih tiga medali emas di Olimpiade Musim Panas dan Olimpiade Musim Dingin.

Namun dalam daftar peraih medali emas terbanyak sepanjang sejarah Olimpiade, Marchand masih tertinggal jauh. Pemilik emas terbanyak dalam satu edisi Olimpiade masih dipegang oleh perenang Amerika Serikat, Michael Phelps, dengan rekor delapan medali emas di Olimpiade 2008.

Di satu sisi, renang masih mendominasi status ‘bidang medali’ di Olimpiade. Pasalnya, empat besar atlet peraih medali emas terbanyak didominasi oleh atlet renang.

Cabang olahraga yang menghasilkan medali terbanyak berikutnya adalah senam atau senam dengan enam medali emas. Kemenangan ini diraih atlet Union Team (eks Uni Soviet), Vitaly Scherbo pada Olimpiade 1992.

Cabang olahraga pemberi medali lainnya adalah menembak, anggar, dan speed skating dengan rekor tertinggi lima medali emas. Lalu ada olahraga panahan dengan empat medali emas yang diraih atlet Belgia, Hubert Van Innis pada tahun 1920.

(ptr/ptr)

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Klasemen Paralimpiade 2024 Negara ASEAN Usai Indonesia Raih Emas

20 September 2024 - 13:14

FISIP UI Open Resmi Jadi Bagian Kalender Nasional PBSI

20 September 2024 - 02:15

Tembus 4 Detik, Modal Veddriq Raih Emas Olimpiade 2024

19 September 2024 - 05:15

Trending di Olahraga