Menu

Mode Gelap

Hiburan · 26 Agu 2024

Jung Woo-sung Mundur dari UNHCR Imbas Banyak Serangan Politik


					Jung Woo-sung Mundur dari UNHCR Imbas Banyak Serangan Politik Perbesar

Jakarta, jurnalpijar.com —

Jung Woo-sung telah mengundurkan diri sebagai Duta Besar Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi (UNHCR). Aktor tersebut mengundurkan diri pada 3 Juli setelah sembilan tahun menjabat.

Sebagai duta besar, Jung Woo-sung aktif berpartisipasi dalam berbagai acara di dalam dan luar negeri, mengunjungi daerah konflik besar seperti Lebanon, Sudan Selatan, Rohingya, dan Polandia.

Pada tanggal 15 Juli, media lokal melaporkan kepada Hankyoreh21 bahwa Jung Woo-sung membuat keputusan tersebut karena banyaknya serangan politik yang ia dan UNHCR terima.

“Saya khawatir citra kantor UNHCR di Korea dan saya sendiri terlalu erat kaitannya,” kata Jung Woo-sung pada Senin (22/7).

Serangan politik terus-menerus yang ditujukan kepada organisasi dan saya sendiri menimbulkan asumsi bahwa saya terlibat karena alasan politik, yang tidak disukai oleh kami berdua.

Salah satu serangan politik yang ia hadapi setelah ia menerbitkan seruan untuk mendukung pengungsi pada Hari Pengungsi Sedunia 2018. Dia menghadapi kritik publik dari mereka yang menentang penerimaan pengungsi Yaman oleh Jeju.

Bintang “King” itu dicap negatif oleh netizen hingga ada yang menulis, “Lindungi pengungsi dengan uang John Woo Sun.”

Jung Woo-sung kemudian kembali buka-bukaan soal masalah tersebut. Ia menyoroti kekhawatiran warga, termasuk kemungkinan terjadinya kejahatan serius, seksual dan agama, yang belum pernah dialami para pengungsi.

“Pengungsi Yaman telah meninggalkan Pulau Jeju dan pindah, namun tidak ada laporan kejahatan serius yang dikhawatirkan,” kata Jung Woo Sun.

“Ada kekhawatiran mengenai meningkatnya kejahatan seks dan perselisihan sektarian, namun tidak ada yang terwujud.”

Ia kemudian menilai penolakan terhadap pengungsi yang dilakukan oleh warga lokal yang mungkin tidak cukup terlindungi sebagai anggota masyarakat.

“Melihat masyarakat Korea, tampaknya penyebab dan kerugian dari berbagai bencana sosial, seperti insiden Jeju 3 April dan bencana kapal feri Sewol, tidak pernah teridentifikasi dan terselesaikan secara akurat,” kata Jung Woo-sung.

“Makanya warga kita terkesan menjaga jarak dengan penderitaan orang lain. Saya kira masyarakat yang merasa kasihan terhadap pengungsi akan mengambil langkah seperti itu karena tidak mendapatkan perlindungan yang layak sebagai anggota masyarakat.”

Jun Woo Sun telah mengumumkan bahwa dia akan fokus pada akting dan melanjutkan karir aktingnya setelah mengundurkan diri sebagai Duta Besar UNHCR.

Di sisi lain, ia meyakinkan akan terus berbagi cerita tentang permasalahan minoritas di masyarakat dan memberikan perhatian lebih terhadap mereka.

“Ketika Anda melihat aktor seperti saya setiap tahun pergi ke kamp pengungsi di seluruh dunia dan berbicara tentang pengungsi, sepertinya kesadaran dan pemahaman sosial menjadi semakin jelas.

Namun, saya rasa tidak mungkin menilai apakah hal ini berdampak positif terhadap masyarakat.

Jun Woo Sun adalah salah satu aktor terkenal Korea Selatan. Dia baru-baru ini membintangi film 12.12: The Day (2023) bersama aktor Hwang Joon-min, Lee Sung-min, Park Hae-joon, dan Kim Seong-kyun.

(tim/jam)

Artikel ini telah dibaca 4 kali

badge-check

Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Pam Pam Shaggydog Meninggal Dunia

20 September 2024 - 12:16

Daftar 11 Pemeran Baru di One Piece Live Action Season 2

19 September 2024 - 22:19

Mengulik Peran Media Beri Ruang untuk Perempuan dan Disabilitas

19 September 2024 - 20:14

Trending di Hiburan