Menu

Mode Gelap

Otomotif · 29 Agu 2024

Tol Tanpa Sentuh SLFF akan Diterapkan Sebelum MLFF


					Tol Tanpa Sentuh SLFF akan Diterapkan Sebelum MLFF Perbesar

Jakarta, jurnalpijar.com –

Sistem tol jalan raya Multi Lane Free Flow (MLFF) akan diluncurkan tahun ini. Namun Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan program tersebut akan dilaksanakan secara perlahan, dimulai dari Single Lane Free Flow (SLFF).

MLFF adalah sistem yang kompatibel dengan segala bentuk transaksi di gateway keuangan. Hal ini akan mengubah infrastruktur di gateway pembayaran karena semua metode pembayaran akan berubah dari pembayaran kartu elektronik menjadi sistem berbasis aplikasi online, sehingga kendaraan tidak berhenti.

Berbeda dengan MLFF, SLFF hanya digunakan pada satu jalur, sehingga tidak diperlukan perubahan infrastruktur. Masih terdapat pembatas atau bar pada garis SLFF yang akan terbuka jika perdagangan berhasil.

Basuki yang kami temui pada Rabu, 28 Agustus di Gedung DPR RI menjelaskan, keputusannya untuk menerapkan MLFF dari SLFF secara bertahap karena kehati-hatian dalam mengubah sistem pembayaran. Dia juga mengambil keputusan berdasarkan pengalaman masa lalu ketika mengubah pembayaran dari tunai menjadi tunai.

“MLFF sudah menjadi Single Lane Free Flow (SLFF) dan karena budaya kita, dulu saya ganti uang tunai ke plastik (kartu uang elektronik). Sempat dihina, tapi akhirnya sekarang semuanya plastik dan tidak ada uang, ”kata Basuki, dilansir Antara.

“Sekarang plastik mau tidak disentuh, tentu kita tidak menggunakannya sekaligus 100% tidak berguna, jadi kita batasi dan gunakan dengan pembatas juga. Itu akan hilang setelah beberapa saat,” katanya.

Basuki memastikan penerapan sistem SLFF menggunakan tiang akan dimulai pada tahun ini, dimulai dari jalan Bali-Mandara. Sebelumnya, PUPR menjelaskan pihaknya akan melakukan uji coba MLFF tahap pertama di tujuh ruas tol Tanah Air.

Berikut daftar metode pembayaran MLFF pada tahap awal:

Tol Bali Mandara – Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) – Tol Jagorawi (Jakarta-Bogor-Ciawi) – Tol Jakarta-Cikampek (Japek) – Tol Soedijatmo (Tol Bandara Soetta) – Tol Jakarta Pusat Kota – Jakarta Jalan Tol Lingkar Luar (JORR) 1

MLFF menggunakan Global Navigation Satellite System (GNSS) yang memantau posisi kendaraan menggunakan Global Positioning System (GPS). Orang yang ingin menggunakan MLFF harus mengunduh aplikasi bernama Cantas dan memasukkan uang ke dalamnya untuk digunakan sebagai pembayaran.

(TIDAK)

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Motor Kebal Pembatasan BBM Subsidi Pertalite 1 Oktober

19 September 2024 - 21:19

Pertamina Bakal Luncurkan BBM Rendah Sulfur, Pakai Nama Pertalite?

19 September 2024 - 17:18

Bengkel Reparasi dan Cat Bodi Mobil BMW-MINI di Tangerang

19 September 2024 - 14:15

Trending di Otomotif