Menu

Mode Gelap

Ekonomi · 31 Agu 2024

Fan Hongwei, Wanita Kaya China Berharta Rp65 T Berkat Pabrik Tekstil


					Fan Hongwei, Wanita Kaya China Berharta Rp65 T Berkat Pabrik Tekstil Perbesar

Jakarta, jurnalpijar.com —

Fan Hongwei adalah salah satu wanita terkaya di Tiongkok. Kekayaannya berasal dari Hengli Group, raksasa petrokimia dan tekstil yang ia dirikan bersama suaminya, Chen Jianhua.

Fan merupakan direktur Hengli Petrochemical, bisnis utama Hengli Group yang merupakan salah satu produsen serat kimia terbesar di negeri tirai bambu.

Pada hari Jumat (28 Juni), Forbes mencatatkan kekayaan Fan sebesar $4 miliar, atau sekitar 65,56 triliun rubel (16.391 rubel per dolar). Dengan kekayaan tersebut, para penggemar Forbes menduduki peringkat ke-83 dalam daftar orang terkaya China tahun 2023.

Tidak banyak cerita tentang asal usul keluarga Fan dan masa kecilnya. Namun, kesuksesan dipastikan tidak terjadi dalam semalam.

Ia lahir di Jiangsu, Tiongkok pada bulan Februari 1967 dan lulus dari Universitas Nanjing. Setelah itu, ia memulai karirnya sebagai akuntan di sebuah perusahaan lokal.

Pada tahun 1994, Fan dan suaminya memutuskan untuk memulai bisnis keluarga mereka sendiri. Kemudian keduanya mengajukan pinjaman RMB 3 juta untuk membeli pabrik tekstil yang hampir bangkrut, Pabrik Tekstil Serat Kimia Wujiang.

Setelah itu, Fan mengambil alih jabatan CEO, dan suaminya menjadi manajer pabrik.

Awalnya keduanya hanya memiliki 27 karyawan. Namun berkat kegigihan pasangan ini, Grup Hengli telah menjadi produsen raksasa serat kimia dan tekstil.

Dalam perkembangannya, Fan memimpin Hengli Petrochemical. Pada saat yang sama, suaminya memimpin kelompok Hengli.

Pada tahun 2016, Fan membawa Hengli Petrochemical ke lantai Bursa Efek Shanghai. Kekayaannya pun bertambah karena ia menguasai 45 persen saham perusahaan tersebut.

Setelah itu, ia rutin masuk dalam daftar wanita dan pengusaha China terkaya menurut media lokal dan internasional.

Omset Hengli Petrochemical pada tahun 2023 sebesar 234,8 miliar yuan (sekitar Rp 528,27 triliun), naik 5,61 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Laba bersihnya mencapai 6,9 miliar yuan (15,5 triliun rubel), meningkat 197,83 persen (tahun ke tahun).

Grup Hengli juga berkinerja lebih baik dan lebih baik lagi. Perusahaan induk memiliki jalur penyulingan minyak untuk poliester, pakaian jadi, farmasi, elektronik, dan real estat. Perusahaan saat ini memiliki tiga pabrik di Nantong, Suqian dan Suzhou.

Fan dan Chen memiliki seorang putri, Chen Yiting, yang menjadi direktur Tongli Lake Travel, anak perusahaan Hengli Group. Dia dan keluarganya tinggal di Suzhou, Jiangsu, Tiongkok.

(sfr/pta)

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Kode Pamitan Sri Mulyani: I’m Gone

20 September 2024 - 14:14

Rupiah Tertekan ke Rp16.228 Pagi Ini Imbas Kondisi Politik AS

20 September 2024 - 04:15

Melihat Besaran Gaji PNS Kementerian Keuangan

19 September 2024 - 19:14

Trending di Ekonomi