Menu

Mode Gelap

Teknologi · 10 Sep 2024

Situs BreachForums Disita FBI, Medsos Admin Diambil Alih


					Situs BreachForums Disita FBI, Medsos Admin Diambil Alih Perbesar

Jakarta, jurnalpijar.com.

Biro Investigasi Federal AS (FBI) telah menyita forum berbagi data BreachForums yang dicuri dan diduga menangkap administratornya.

Menurut BleepingComputer, penyitaan dilakukan pada Rabu pagi (15 Mei), tak lama setelah situs tersebut digunakan untuk membocorkan data yang dicuri dari portal penegakan hukum Europol pekan lalu.

Situs tersebut sekarang menampilkan pesan bahwa FBI telah mengambil kendali atas situs dan data servernya, yang menunjukkan bahwa penegak hukum telah mengambil alih server dan domain situs tersebut.

“Situs web ini dihapus oleh FBI dan Departemen Kehakiman AS dengan bantuan mitra internasional,” kata pernyataan itu.

“Kami sedang memeriksa data server website. Jika Anda memiliki informasi tentang aktivitas penjahat dunia maya di BreachForums, silakan hubungi kami,” lanjut pernyataan penyitaan.

Pemberitahuan penyitaan juga menunjukkan dua gambar profil forum administrator situs Baphomet dan ShinyHunters yang dihiasi dengan jeruji penjara.

Jika mereka mendapatkan akses ke data server forum peretas, FBI dan DOJ akan menerima email. alamat email, alamat IP dan pesan pribadi yang dapat mengidentifikasi peserta dan digunakan dalam penelitian.

FBI juga menyita saluran Telegram di situs tersebut dan saluran lain milik Baphomet, dan lembaga penegak hukum juga mengirimkan pemberitahuan bahwa saluran tersebut berada di bawah kendali mereka.

Beberapa pesan yang diunggah ke saluran Telegram yang dibajak datang langsung dari akun Baphomet. Kemungkinan besar, ini menunjukkan bahwa administrator situs tersebut telah ditahan dan aplikasinya telah disita oleh otoritas penegak hukum.

Dalam pesan Telegram yang dibagikan oleh BleepingComputer, penyerang yang dikenal sebagai IntelBroker juga mengklaim bahwa Baphomet ditangkap saat operasi penegakan hukum.

“Biro Investigasi Federal (FBI) sedang menyelidiki forum peretasan kriminal yang dikenal sebagai BreachForums dan Raidforums,” menurut portal Pusat Pengaduan Kejahatan Internet (IC3) khusus FBI.

“Mulai tahun 2023 pada bulan Juni hingga tahun 2024 pada bulan Mei BreachForums (dihosting di breakforums.st/.cx/.is/.vc dan dioperasikan oleh ShinyHunters) beroperasi sebagai pasar yang bersih di mana penjahat dunia maya dapat membeli, menjual, dan memperdagangkan barang selundupan, termasuk barang curian. , perangkat akses, alat identifikasi, alat peretasan, basis data yang diretas, dan layanan ilegal lainnya.

BreachForums versi terbaru ini memiliki sejarah panjang dalam menjadi alat kebocoran data untuk portal Europol Expert Platform (EPE) IntelBroker.

Awalnya adalah situs bernama RaidForums, yang sejak tahun 2015 hingga tahun 2022 Februari diperintah oleh Yang Mahakuasa.

Setelah penggerebekan FBI, Shard awalnya membuat forum baru bernama BreachForums (dihosting di dibobol.vc/.to/.co), yang pada tahun 2022 Maret hingga 2023 pada bulan Maret dimiliki oleh Pompompurin.

Situs tersebut menjadi populer di Indonesia karena bocornya data korporasi dan BUMN ke kementerian/lembaga Indonesia yang ditemukan di akun Björki.

Namun, situs tersebut juga ditutup setelah menjadi sasaran operasi penegakan hukum dan pengelolanya, Pompompurin alias Conor Fitzpatrick, ditangkap.

FBI dan Departemen Kehakiman menolak berkomentar ketika ditanya oleh BleepingComputer tentang pembajakan situs tersebut.

(tim/lengkungan)

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Teori Konspirasi Penembakan Trump Viral di X saat Musk Akui Dukungan

19 September 2024 - 04:14

Daftar Daerah Terancam Cuaca Ekstrem Saat Kemarau Mulai Menyapa

18 September 2024 - 21:15

Budi Arie Diskusikan Pengembangan Satelit LEO dengan Sekjen ITU

18 September 2024 - 08:15

Trending di Teknologi