Menu

Mode Gelap

Ekonomi · 15 Sep 2024

Arifin Tasrif Mau Jadi Petani Usai Tak Lagi Jabat Menteri ESDM Jokowi


					Arifin Tasrif Mau Jadi Petani Usai Tak Lagi Jabat Menteri ESDM Jokowi Perbesar

Jakarta, jurnalpijar.com —

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif resmi mengundurkan diri dari jabatannya per hari ini (19/8). Setelah tidak menjadi menteri, ia berencana melanjutkan hidupnya sebagai petani.

Posisi Arifin digantikan oleh Bahlil Lahadalia yang dilantik Presiden Joko Widodo (Yokowi) pagi tadi di Istana Negara.

“Istirahat sebentar saja, lalu beraktivitas kecil-kecilan, saya ingin menjadi petani di Jabar,” kata Arifin usai serah terima jabatan kepada Bahlil di Kementerian ESDM, Senin (19/8).

Tak lupa, Arifin mengucapkan selamat kepada Bahlil yang resmi menggantikannya. Ia berharap mantan Menteri Investasi itu bisa melanjutkan program yang dibangun untuk mencapai tujuan transisi energi.

“Indonesia bersyukur kita memiliki sumber energi dan sumber daya alam lainnya yang melimpah. Kementerian ESDM mempunyai peran penting dalam menyediakan energi bersih, menjaga ketahanan energi dan mendorong pertumbuhan ekonomi melalui pemanfaatan sumber daya alam yang ada,” ujarnya. menjelaskan.

Selain itu, ia juga berpesan agar Bahlil terus melanjutkan berbagai langkah untuk meningkatkan produksi minyak dalam negeri yang terus menurun. Salah satunya adalah mencari sumber baru dengan menggunakan teknologi dan pengalaman yang dilakukan oleh calon mitra.

Ia juga berharap perbaikan kebijakan yang telah dilakukan terus meningkatkan daya tarik investasi di sektor hulu migas. Tujuannya adalah untuk mengurangi impor minyak.

Selain itu, harus ada langkah-langkah peningkatan efisiensi sehingga kita bisa mengurangi impor dan mengurangi beban subsidi,” tutupnya.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Bahlil Lahadalia sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral baru pada Kabinet Indonesia Maju sisa periode 2019-2024 di Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin (19/8).

Bahlil Lahadalia akan mengisi posisi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral menggantikan Arifin Tasrif. Ia dilantik berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 92/P Tahun 2024 tentang pemberhentian dan pengangkatan menteri negara pada kabinet Indonesia maju periode 2019-2024.

Selain Bahlil, politikus Gerindra Suprathman Andi Atgas juga ditunjuk mengisi posisi Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham). Suprathman akan menggantikan Jason H. Laoli yang sebelumnya menjabat.

Sementara Presiden Rossan Roeslani diangkat menjadi Menteri Investasi/BKPM, kekosongan ditinggalkan Bahlil. Rossan merupakan Ketua Tim Kampanye Nasional Prabowo-Gibran pada Pilpres 2024. Ia pernah menjabat Wakil Menteri BUMN.

(ldy/pta)

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Rupiah Tertekan ke Rp16.228 Pagi Ini Imbas Kondisi Politik AS

20 September 2024 - 04:15

Melihat Besaran Gaji PNS Kementerian Keuangan

19 September 2024 - 19:14

Telin dan Indosat Business Berkolaborasi Lewat Platform NeuTrafiX

19 September 2024 - 09:14

Trending di Ekonomi