Menu

Mode Gelap

Otomotif · 20 Sep 2024

Sejarah 25 Tahun Mobil Hybrid Honda di Dunia


					Sejarah 25 Tahun Mobil Hybrid Honda di Dunia Perbesar

Jakarta, jurnalpijar.com —

Pada tahun 2024, Honda merayakan 25 tahun keberhasilan pengembangan teknologi hybrid di dunia otomotif.

Dimulai setelah Honda meluncurkan mobil hybrid pertamanya di Eropa pada tahun 1999 dengan Honda Insight, yang menandai dimulainya perjalanan inovatif Honda dalam menciptakan kendaraan efisien dan ramah lingkungan.

Berdasarkan rilis resmi Honda, teknologi mesin hybrid Honda terus dikembangkan dan ditingkatkan dengan fokus untuk menciptakan mesin yang efisien dan bertenaga.

Selama ini teknologi hybrid telah diterapkan pada kendaraan produksi massal seperti Honda Jazz, Civic, HR-V, ZR-V dan CR-V yang semuanya telah dan akan dilengkapi dengan e:HEV dual. – transmisi motor. Mesin balap Honda di balapan Formula 1.

Teknologi mesin hybrid Honda untuk mobil produksi massal mendapat perhatian pada tahun 1999 dengan diperkenalkannya Honda Insight generasi pertama yang menggunakan mesin hybrid dengan sistem IMA (Integrated Motor Assistant).

Sistem hybrid IMA membantu mesin bekerja lebih efisien.

Sistem hybrid IMA pertama kali diperkenalkan pada Honda Insight dan kemudian pada Honda CR-Z, mobil sport hybrid Honda yang diluncurkan di Indonesia.

Inovasi teknologi sistem hybrid IMA kemudian berkembang menjadi Intelligent Multi-Mode Drive (i-MMD), dimana sistem transmisi tenaga dua motor (baterai dan motor) bekerja secara bersamaan dan saling mendukung.

Performa teknologi ini kemudian menciptakan akselerasi yang diklaim bertenaga, namun tetap mulus sehingga efisiensi bahan bakar bisa maksimal.

Sistem i-MMD diterapkan pada model Honda CR-V Hybrid generasi ke-5 dan Honda Accord Hybrid generasi ke-10.

Belakangan, sistem i-MMD berkembang menjadi e:HEV, dimana motor listrik bekerja lebih keras untuk menggerakkan mesin.

Sistem e:HEV juga menawarkan pengalaman berkendara yang menyenangkan dengan efisiensi bahan bakar dan tingkat emisi yang sangat rendah.

Honda juga memperkenalkan teknologi e:HEV pada dua model andalannya, Honda CR-V dan Honda Accord, pada tahun 2023.

Sistem teknologi hybrid Honda lainnya, Super Handling All-Wheel Drive (SH-AWD) tiga motor, diperkenalkan Honda pada generasi kedua Honda/Acura NSX, dimana supercar Honda ini memiliki powertrain tiga motor. .

Perjalanan teknologi sistem hybrid Honda hadir pada Honda Prelude generasi terbaru yang dihadirkan dalam desain yang dinamis.

Honda Prelude Concept menjadi mobil hybrid berteknologi tinggi terbaru yang mulai dijual dan diproduksi massal pada tahun 2025.

Mobil ini diharapkan dapat memberikan keseimbangan sempurna antara kenikmatan berkendara dan efisiensi bahan bakar.

Konsep Honda Prelude memulai debut dunianya di Japan Auto Show 2023. Mobil tersebut kemudian ditampilkan di Goodwood Festival of Speed ​​​​pada Juli 2024 di West Sussex, Inggris.

Selain mobil yang diproduksi secara massal, teknologi hybrid milik Honda juga dikembangkan sebagai powertrain di balap Formula 1.

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Motor Kebal Pembatasan BBM Subsidi Pertalite 1 Oktober

19 September 2024 - 21:19

Pertamina Bakal Luncurkan BBM Rendah Sulfur, Pakai Nama Pertalite?

19 September 2024 - 17:18

Bengkel Reparasi dan Cat Bodi Mobil BMW-MINI di Tangerang

19 September 2024 - 14:15

Trending di Otomotif