Menu

Mode Gelap

Otomotif · 22 Sep 2024

Ragam Kendaraan Elektrifikasi Toyota Diterjunkan di Paralimpiade 2024


					Ragam Kendaraan Elektrifikasi Toyota Diterjunkan di Paralimpiade 2024 Perbesar

Jakarta, jurnalpijar.com –

Selama suksesnya Paralimpiade 2024 yang diadakan pada 26 Agustus hingga 9 September 2024, Toyota mengirimkan lebih dari 3.374 unit kendaraan mobilitas berkelanjutan berlistrik (xEVs) untuk mendukung panitia.

Ribuan kendaraan ramah lingkungan akan mendukung pergerakan atlet, staf, relawan, media dan penonton di Olimpiade dan Paralimpiade Paris 2024 dan bertujuan untuk mengurangi separuh emisi karbon dioksida dibandingkan Paralimpiade sebelumnya.

Toyota sendiri telah menjadi pionir kendaraan elektrifikasi (xEV) sejak diperkenalkannya Toyota Prius pada tahun 1997.

Vice President PT Toyota-Astra Motor (TAM) Henry Tanoto mengatakan langkah Toyota adalah mengurangi emisi karbon dioksida dan menerapkan konsep mobilitas inklusif.

“Toyota menerapkan konsep mobilitas nol emisi yang inklusif dan berkelanjutan untuk menjamin kebebasan bergerak yang aman dan nyaman bagi atlet, staf, media, relawan, dan penonton antara wisma atlet dan venue pertandingan,” kata Henry Tanoto.

Ajang ini menampilkan 4 teknologi elektrifikasi yaitu Hybrid Electric Vehicle (HEV), Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), Battery Electric Vehicle (BEV) dan Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV).

Kendaraan berlistrik yang dimaksud tidak hanya mobil penumpang, tetapi juga angkutan umum hingga kapal pesiar yang menggunakan tenaga hidrogen. Berikut daftar kendaraan listrik baterai di Paralimpiade Paris 2024

1. Promosikan orang-orang yang tersedia

Sekitar 250 unit APM atau Accessible People Mover dikerahkan untuk mendukung mobilisasi semua pihak, termasuk peserta penyandang disabilitas. Kendaraan listrik ini telah menjadi kendaraan utama di perkampungan olah raga dan tempat perlombaan.

Berplatform Micro BEV, xEV ini memiliki kecepatan maksimal 20 km/jam dan jangkauan 100 km, dengan waktu pengisian baterai 5 jam (200 Volt) atau 16 jam (100 Volt).

APM Tokyo akan digunakan mulai tahun 2020 untuk memberikan kebebasan bergerak bagi lansia, keluarga dengan anak kecil, dan ibu hamil.

2. Versi Toyota Proace

136 hp di Paris. dan sekitar 150 unit Toyota Proace Verso 9 tempat duduk dengan motor listrik bertenaga torsi 260 Nm dikerahkan.

Keunikan perangkat ini adalah baterainya ditempatkan seluruhnya di bawah lantai kendaraan untuk memaksimalkan daya dukung kabin. Ditambah lagi, pengguna kursi roda bisa keluar masuk dengan mudah.

Jika disambungkan dengan charger MPV yang serba elektrik, baterainya bisa diisi ulang dalam waktu sekitar 30 hingga 45 menit. Selanjutnya, jarak berkendara maksimal setelah baterai lithium-ion terisi penuh adalah sekitar 330 km.

3.Toyota bZ4X

Toyota bZ4X versi Indonesia punya tenaga 204 hp. Tenaga dan torsi 266 Nm mampu menempuh jarak 500 km. Pendinginan air menjaga keluaran baterai tetap konstan sementara setiap sel mendingin secara individual. Sistem ini terhubung dengan AC kabin, sehingga terdapat koordinasi hemat energi antara baterai dan pengatur suhu kabin.

Baterai dapat diisi dengan cepat tanpa mengorbankan keselamatan atau masa pakai. Output DC 150 kW dapat diisi hingga 80% dalam waktu sekitar 30 menit menggunakan sistem pengisian cepat CCS2. Selain itu, pengisian penuh memerlukan waktu 9 hingga 10 jam menggunakan output AC 230V/32A.

4.Lexus RZ

Lexus RZ versi Indonesia hadir dalam format 450e, dengan motor listrik AC synchronous yang menyalurkan tenaga listrik dengan sistem all-wheel drive (AWD). Baterai yang digunakan adalah baterai lithium-ion 71,4 kWh yang mampu menempuh jarak 315-354 km dalam sekali pengisian daya.

1. Corolla Touring Olahraga HEV

EV hybrid pertama adalah Toyota Corolla Touring Sport (TS) yang bergaya station wagon namun dengan cita rasa khas Corolla yang sporty dan bertenaga. Mobil ini memiliki 2 pilihan mesin hybrid yakni 140 hp. gabungan 1.800 cc dan 190 hp. digabungkan 2.000 cu.

2. Yaris Cruz HEV

Inilah Yaris Cross untuk pasar Eropa yang dibekali mesin Hybrid Dynamic Force 1.500cc 3 silinder yang menghasilkan tenaga 92 hp pada 5.500 rpm. dan torsi 120 Nm pada 3.600 – 4.800 rpm. Motor listrik 80 hp. dan torsi 141 Nm, dirancang untuk berkendara serba listrik di jalanan perkotaan tanpa perlu membakar bahan bakar.

3. Dataran Tinggi HEV

Memanfaatkan arsitektur TNGA-K, Toyota Highlander HEV memiliki ruang yang luas namun efisien yang memadukan seluruh atribut Toyota Grand SUV 7 tempat duduk. Tenaga totalnya 248 hp. Mesin bensin hybrid Dynamic Force Atkinson 2500cc dengan motor listrik depan dan belakang

Toyota RAV4 PHEV

Toyota RAV4 PHEV mengadopsi mesin Hybrid Dynamic Force 2.500cc 4 silinder yang menghasilkan tenaga 136 kW pada 6.000 rpm dan torsi 3.200 hingga 3.700 rpm. PHEV ini ditenagai motor listrik yang menghasilkan tenaga 134 kW dan torsi 270 Nm pada roda depan, serta tenaga 40 kW dan torsi 121 Nm pada roda belakang.

Seperti halnya BEV, fitur port pengisian daya memungkinkan baterai diisi ulang untuk memungkinkan jangkauan EV penuh di perkotaan. Selain itu, mesin bensin model HEV dapat mengisi baterai secara otomatis, yang berguna saat bepergian di tempat yang tidak terdapat stasiun pengisian daya.

1.Toyota Mirai

Mirai yang futuristik adalah sel bahan bakar gas hidrogen pertama di dunia. Berbeda dengan BEV, Toyota Mirai menghasilkan listrik sendiri menggunakan gas hidrogen.

FCEV juga tidak memerlukan mesin bensin seperti HEV.

Toyota Mirai saat ini sudah memasuki generasi kedua yang diluncurkan pada tahun 2019. Sistem pengolahan hidrogen dan tangki penyimpanan baru membuat Mirai hingga 30% lebih panjang dibandingkan generasi aslinya.

Bertenaga 182 HP, baterai lithium-ion memiliki kapasitas menyimpan listrik ideal untuk jangkauan 850 km.

2. Caetanobus

Sejak tahun 2019, Toyota telah mengembangkan aplikasi sel bahan bakar untuk solusi mobilitas yang membuka peluang bagi masyarakat untuk berpartisipasi dalam pengurangan emisi. Contohnya adalah bus tingkat rendah hidrogen yang diproduksi oleh Caetanobus, yang sahamnya dipegang oleh Toyota Caetano Portugal (TCAP).

H2.City Gold FCEV menggunakan fitur teknis yang menonjolkan keunggulan teknologi hidrogen Toyota pada angkutan umum yang membutuhkan daya tahan dan keandalan tinggi.

Dengan jangkauan 400 km, bus ini bisa mengisi bahan bakar hidrogen dalam waktu kurang dari 9 menit.

3. Toyota FCEV lainnya

FCEV dapat menghasilkan listrik sendiri dari hidrogen, sehingga tidak bergantung pada sumber eksternal, sehingga dapat membantu mewujudkan masyarakat berbasis hidrogen di masa depan.

Sejalan dengan inisiatif Beyond Zero, Toyota akan memamerkan 10 jenis moda transportasi bertenaga hidrogen di Paris 2024, termasuk truk FCEV, forklift FCEV, perahu FCEV, gerbong kereta FCEV, dan prototipe Hilux FCEV.

Pengunjung dapat menjelajahi Sungai Sienna Paris dengan kapal pesiar Finx bertenaga hidrogen dan Air Mancur Pajot bertenaga listrik.

(vws/vws)

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Datang ke GIIAS 2024 Jangan Lupa Test Drive, Berikut Lokasinya

21 September 2024 - 17:14

Sejarah 25 Tahun Mobil Hybrid Honda di Dunia

20 September 2024 - 16:14

Motor Kebal Pembatasan BBM Subsidi Pertalite 1 Oktober

19 September 2024 - 21:19

Trending di Otomotif