Menu

Mode Gelap

Teknologi · 31 Mei 2024

TikTok Uji Coba Fitur Unggah Konten 60 Menit, Mau Tantang YouTube?


					TikTok Uji Coba Fitur Unggah Konten 60 Menit, Mau Tantang YouTube? Perbesar

Jakarta, jurnalpijar.com —

TikTok sedang menguji fitur untuk mengunggah video berdurasi 60 menit ke sejumlah pengguna terbatas. Namun, TikTok mengaku belum berencana menawarkan banyak hal.

Pertama kali ditemukan oleh konsultan media Matta Navara dan menunjukkan perubahan model TikTok yang sebelumnya hanya berupa video berdurasi 15 menit, kini lebih mirip dengan platform YouTube milik Google.

TikTok mengatakan ide tersebut diterapkan setelah mendengarkan saran dari pengembang yang menginginkan lebih banyak waktu untuk demo memasak, kursus kecantikan, rencana pendidikan, desain game, dan sebagainya, menurut Tech Crunch, Senin (27/5).

TikTok mengatakan tujuan menambah durasi videonya adalah untuk memberikan kesempatan kepada pembuat konten untuk menguji jenis konten atau ekstensi baru dan fleksibilitas.

Hal ini menempatkan TikTok bersaing langsung dengan YouTube. Dengan menawarkan opsi kepada kreator untuk mengunggah video berdurasi 60 menit, TikTok berharap para kreator yang sering mengunduh konten di YouTube juga akan mengunggah video ke platform tersebut.

Penambahan waktu juga memungkinkan jenis konten baru untuk diposting di TikTok, yaitu episode penuh acara TV.

Tahun lalu, Peacock membuat episode pertama “Killing It” tersedia untuk ditonton secara gratis di TikTok, tetapi episode tersebut dibagi menjadi lima episode. Jika TikTok memperkenalkan video dengan batas upload 60 menit, akun TV di TikTok tidak perlu lagi membagi segmen menjadi beberapa segmen.

Banyak acara TV yang mengunggah episode pertama acara TV mereka di YouTube untuk menarik pemirsa baru, dan dengan waktu tambahan ini, mereka dapat melakukan hal yang sama di TikTok. Beberapa saluran TV sudah menggunakan TikTok untuk menjangkau pemirsanya, dan tenggat waktu promosi mungkin mendorong mereka untuk berbagi lebih banyak di TikTok.

Meski tidak semua orang ingin menonton TikTok dalam jangka waktu lama, perusahaan berupaya meningkatkan pengalaman menonton bagi pengguna yang menontonnya dalam jangka waktu lama. Misalnya, perusahaan telah bereksperimen dengan orientasi horizontal untuk semua gambar.

Tahun lalu, perusahaan juga memperkenalkan fitur yang memungkinkan pengguna mengirim video dengan cepat hanya dengan mengetuk sisi kanan video.

Seperti pengujian lainnya, belum diketahui apakah TikTok ingin meluncurkan cara mengunggah video berdurasi lebih dari 60 menit. (tim/dmi)

Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Teori Konspirasi Penembakan Trump Viral di X saat Musk Akui Dukungan

19 September 2024 - 04:14

Daftar Daerah Terancam Cuaca Ekstrem Saat Kemarau Mulai Menyapa

18 September 2024 - 21:15

Budi Arie Diskusikan Pengembangan Satelit LEO dengan Sekjen ITU

18 September 2024 - 08:15

Trending di Teknologi