Menu

Mode Gelap

Hiburan · 10 Jun 2024

Gitar John Lennon Cetak Rekor Lelang The Beatles Usai Laku Rp47 M


					Gitar John Lennon Cetak Rekor Lelang The Beatles Usai Laku Rp47 M Perbesar

Jakarta, jurnalpijar.com —

Gitar akustik yang digunakan John Lennon di album The Beatles Help! untuk rekamannya, buatlah rekor dalam sejarah lelang gitar legendaris grup tersebut.

Gitar yang hilang selama 50 tahun itu terjual seharga 2,9 juta USD atau Rp 47 miliar (1 USD = Rp 16.264). Barang antik tersebut dijual Julien’s Auctions pada Rabu (29/05) di Hard Rock Cafe Times Square.

“Kami sangat senang dan merasa terhormat bisa mencetak rekor dunia baru atas penjualan gitar John Lennon yang sebelumnya hilang,” kata CEO Julien’s Auction David Goodman, seperti dilansir Billboard pada Kamis (30/05).

“Penjualan yang belum pernah terjadi sebelumnya ini membuktikan daya tarik dan rasa hormat yang berkelanjutan terhadap musik The Beatles dan John Lennon,” lanjutnya.

Gitar 12 senar itu dibeli melalui tawaran telepon dari pembeli anonim. Barang lelang tersebut sebelumnya hilang selama hampir 50 tahun.

Hilangnya gitar tersebut bermula ketika Lennon memberikannya kepada Gordon Waller, anggota duo tahun 60an Peter & Gordon. Waller kemudian memberikan gitar itu kepada manajernya dan menyimpannya di loteng rumahnya.

Anglo menemukan gitar itu kemudian ketika mereka pindah ke rumah. Orang tersebut segera menghubungi Julien’s Auction hingga akhirnya gitar tersebut berhasil diidentifikasi oleh seorang ahli Beatles.

Penjualan gitar antik tersebut seharga US$2,9 juta melebihi perkiraan awal. Pasalnya, harga gitar tersebut awalnya diperkirakan antara 600 ribu hingga 800 ribu dollar AS.

Pencapaian tersebut pun melampaui rekor lelang yang dipegang John Lennon pada tahun 2015. Saat itu, gitar akustik Lennon terjual seharga US$2,4 juta.

Gitar akustik bermerek Framus Hootenanny ini dirilis pada tahun 1964. Instrumen ini digunakan oleh Lennon di album Help! pada tahun 1965.

Membantu! adalah album kelima The Beatles yang dirilis pada 6 Agustus 1965. Album ini mempunyai dua single utama, Ticket to Ride dan Help! .

Album ini juga menampilkan beberapa hits Beatles seperti Another Girl, It’s Only Love, I’ve Just Seen a Face dan Yesterday.

Sebelum menghilang, George Harrison juga menggunakan gitar itu pada sesi album Rubber Soul (1965). (frl/akhir)

Artikel ini telah dibaca 5 kali

badge-check

Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Pam Pam Shaggydog Meninggal Dunia

20 September 2024 - 12:16

Daftar 11 Pemeran Baru di One Piece Live Action Season 2

19 September 2024 - 22:19

Mengulik Peran Media Beri Ruang untuk Perempuan dan Disabilitas

19 September 2024 - 20:14

Trending di Hiburan