Menu

Mode Gelap

Teknologi · 11 Jun 2024

Starlink Resmi Diluncurkan di RI Hari ini


					Starlink Resmi Diluncurkan di RI Hari ini Perbesar

Denpasar, jurnalpijar.com —

Layanan internet satelit Starlink akan resmi diluncurkan di Indonesia dari Bali pada Minggu (19/5) oleh pimpinan SpaceX, miliarder Amerika Elon Musk.

“Hadir, sekarang. Besok Elon Musk akan hadir untuk meresmikan Starlink di salah satu puskesmas di Denpasar. Kemudian pada tanggal 20, Elon Musk akan berbicara pada pembukaan KTT ke-10 World Water Forum,” ujar Dirjen. Informasi Komunikasi Publik. (IKP) Kominfo Usman Kansong, di sela-sela upacara penjernihan air Bali yang membuka rangkaian WWF ke-10 di kawasan Kura Kura Bali, Denpasar, Sabtu 18/5).

“Nanti Pak. Presiden,” kata Usman.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan, peluncuran tersebut akan dilakukan pada sore hari setelah kedatangan Elon.

“Besok pagi jam 8 [Elon Musk] akan mendarat di Bali. Semua acara sudah diatur dan sore harinya beliau akan meluncurkan (launch) Starlink bersama beberapa menteri kita,” ujarnya usai menghadiri upacara Segara Kerthi yang digelar di Bali, Sabtu (18/5) dikutip Antara.

Selain dia, menteri yang hadir dalam peluncuran Starlink adalah Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi, dan Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono.

Menurut Luhut, peluncuran Starlink merupakan langkah baik untuk mengurangi jumlah titik buta internet di daerah terpencil.

“Daerah kita yang terpencil akan memiliki internet yang bagus,” kata Luhut.

Sebelumnya ia mengungkapkan, lokasi peresmian Starlink dipusatkan di sekitar salah satu layanan kesehatan (Puskesmas) di Kota Denpasar.

“Hari Minggu dia [Elon Musk] akan datang, mudah-mudahan tidak ada perubahan. [Lokasinya] sudah di Puskesmas di Denpasar,” kata Luhut, usai menjadi tuan rumah pertemuan WWF Tactical Floor Game (TFG) ke-10 WWF di Jakarta. memimpin GOR. Praja Raksaka, Kepaon, Kota Denpasar, Jumat (17/2).

Luhut mengatakan, peluncuran satelit orbit Starlink bertepatan dengan KTT World Water Forum (WWF) ke-10 di Bali.

Nanti Presiden akan hadir dan acaranya akan detail dan siap, ujarnya.

Kedatangan layanan Starlink di Indonesia terjadi setelah serangkaian pertemuan antara pejabat Indonesia, termasuk Luhut, Presiden Jokowi, dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, dengan Elon Musk dalam beberapa tahun terakhir.

Sejumlah operator telepon seluler lokal dan penyedia layanan internet (ISP) telah menyatakan keprihatinannya mengenai persaingan dan potensi perang tarif layanan.

Sementara itu, Kominfo mengklaim akan mengatur lebih lanjut layanan ini, termasuk wilayah siarannya, untuk menciptakan persaingan yang sehat.

(tim/bahtera)

Artikel ini telah dibaca 6 kali

badge-check

Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Risau Ancaman Starlink, China Bakal Buat Konstelasi Satelit Tandingan

20 September 2024 - 15:15

Teori Konspirasi Penembakan Trump Viral di X saat Musk Akui Dukungan

19 September 2024 - 04:14

Daftar Daerah Terancam Cuaca Ekstrem Saat Kemarau Mulai Menyapa

18 September 2024 - 21:15

Trending di Teknologi