Menu

Mode Gelap

Teknologi · 13 Jun 2024

Ahli Bongkar 5 Jenis Hantu di Jawa, Cek Perbedaan Skill-nya


					Ahli Bongkar 5 Jenis Hantu di Jawa, Cek Perbedaan Skill-nya Perbesar

Jakarta, jurnalpijar.com —

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh seorang antropolog Amerika menggambarkan lima jenis hantu (makhluk halus) di Jawa berdasarkan kepercayaan masyarakat. Pembagian kategori ini didasarkan pada karakteristik “keterampilan” mereka.

Hal itu terungkap dalam buku Agama Jawa (1960), yang diterjemahkan menjadi Agama Jawa: Hasil Kajian Antropolog Clifford Geertz di Pare, Kediri, Jawa Timur, yang menyamar sebagai Abangan, Santri, Priyayi, Mojokuto dalam Kebudayaan Jawa, pada tahun 1950. – bahkan bertahun-tahun .

Jenis-jenis hantu itu sendiri diperoleh melalui wawancara dengan warga sekitar yang mempercayainya, termasuk seorang tukang kayu muda dan informan lokal lainnya.

“Ada banyak pembicaraan dan perdebatan tentang dunia makhluk gaib. Meskipun ada konsensus tentang keberadaan dan pentingnya makhluk gaib (seperti kelompok yang disebut alus), tampaknya setiap orang memiliki pendapatnya masing-masing tentang kehidupannya sendiri. alam dan pengalaman pribadi untuk membuktikannya,” jelas Geertz.

“Kepercayaan Abangan terhadap makhluk halus di Mojokuto bukanlah suatu skema yang koheren, sistematis, dan terpadu, melainkan serangkaian representasi yang terpisah, konkrit, dan spesifik”.

“Ini memberi bentuk pada berbagai pengalaman yang samar-samar dan tidak dapat dipahami, serta metafora visual yang terdefinisi dengan cukup tajam dan tidak berhubungan satu sama lain,” katanya.

Dengan demikian, dokter jebolan Harvard University ini mengungkap lima jenis makhluk halus utama yang ada dalam kepercayaan masyarakat Mojokuto. Berikut rinciannya:

Sebuah meme

Memedi adalah jenis semangat Jawa yang paling mudah dipahami oleh orang Barat, karena hampir identik dengan apa yang dikenal sebagai “pemimpi”.

Mimpi jenis ini biasanya ditemukan pada malam hari, terutama di tempat yang gelap dan sepi

Meditasi diyakini hanya membuat jengkel atau takut orang dan tidak menimbulkan akibat yang serius. Istilah ego laki-laki disebut genderuwo dan ego perempuan disebut wewe.

Geertz mengungkapkan, tokoh hantu memetik meminjam budaya Barat, seperti tanah liat bertanduk berbentuk tengkorak, wedon berbalut kain putih.

Ada juga spesies unik Indonesia seperti banaspati yang bernapas api, setan yang berdoa lima waktu, dan setan gundul.

Beberapa bahkan menyetujui gambar detailnya. Misalnya saja Sundel Bolong, wanita cantik berambut hitam panjang dengan lubang besar di tengah pinggangnya. Ada pula Gendruvo, seorang badut yang bisa berbahasa Jawa kuno bahkan seorang penculik.

Lembut

Lebesar adalah sejenis roh yang dapat memasuki tubuh manusia dan menyebabkan kesurupan. Pertemuan dengan lemur, yang diyakini menghuni rumpun bambu, dapat mengakibatkan penyakit, kegilaan, dan bahkan kematian.

“Suatu diri, tidak seperti diri, dapat membuat seseorang sakit atau gila,” kata Girts, karena diri sama sekali tidak terlihat, juga tidak berwujud anggota keluarga, namun sangat berbahaya bagi manusia. “

Geertz menemukan bahwa masyarakat Jawa percaya bahwa akibat kerasukan tidak bisa diobati oleh dokter Barat, melainkan hanya oleh dukun.

Berdasarkan teori kesurupan Jawa, lekembang selalu masuk ke tubuh manusia dari bawah, melalui kaki. Ada empat jenis kerasukan yang dipicunya, yaitu kerasukan, wanita tua, setan, dan chemomongo.

Tuyul

Tuyul adalah makhluk halus mirip anak kecil yang mampu mencuri uang.

“Tuyul itu seperti anak-anak ini, hanya saja mereka bukan manusia, melainkan roh anak-anak. Mereka tidak mengganggu, menakut-nakuti atau membuat orang sakit; sebaliknya, mereka sangat digemari masyarakat karena membantu orang menjadi kaya,” kata Geertz.

Untuk “mempekerjakan” mereka, warga harus berpuasa dan bermeditasi. Selain itu, setiap malam harus mendapat pahala berupa tempat tidur dan bubur.

“Jika orang ingin kaya, dia bisa memerintahkan mereka untuk mencuri uang. Mereka bisa menghilang dalam sekejap dan melakukan perjalanan jauh sehingga mereka tidak kesulitan mencari uang untuk majikannya,” tulis Geertz.

Kebanyakan orang mengira bahwa di tempat suci Anda harus membuat semacam perjanjian dengan setan agar tuya menerima tawaran tersebut. Korban manusia juga diklaim setiap tahun.

Meskipun membuat Anda kaya, kata Geertz, memelihara Tuyul akan membuat para penjaganya mengalami kematian yang menyakitkan: kematian yang panjang dan sulit sebelum mereka mati.

“Nafas mereka secara bertahap akan menjadi lebih pendek, mereka akan mengalami rasa sakit terus-menerus dan demam tinggi, dan mereka akan mati secara perlahan dan sangat menyakitkan.”

Demit

Demit adalah sebutan umum untuk makhluk halus yang mempunyai tempat tinggal tetap dan mampu mengabulkan keinginan manusia.

Ia tinggal di suatu tempat suci, seperti punden, yang mungkin ditandai dengan reruntuhan Hindu, mungkin patung kecil yang rusak, pohon beringin besar, kuburan tua, mata air yang hampir tersembunyi, atau ciri-ciri topografi semacam itu.

Jika ingin keinginannya terkabul, warga Mojokuto mendatangi salah satu patung Buddha bernama Mbah Buddha, misalnya. Di dalamnya, pemohon hanya berjanji jika permohonannya dikabulkan, ia akan mengadakan slameta untuk menghormati demit.

Dan ini

Danyang umumnya merupakan nama lain dari demit (akar kata dalam bahasa Jawa yang berarti roh). Seperti Demit, Danyang tinggal di sebuah tempat bernama punden.

Hantu jenis ini juga menanggapi permintaan bantuan orang dan meminta keselamatan sebagai balasannya.

“Ibarat para demit, mereka tidak merugikan orang, mereka hanya bermaksud melindungi orang. Namun berbeda dengan demit, beberapa danjang dipercaya sebagai arwah tokoh sejarah yang telah meninggal: pendiri desa tempat mereka tinggal, orang pertama untuk membersihkan lahan, kata profesor Princeton Geertz.

Maling Kandari adalah seorang pencuri danyang desa di Mojokuto.

Daerah yang dikuasai desa Danyang disebut kumara atau kemara yang artinya suara yang tiba-tiba muncul entah dari mana. Luasnya mencakup seluruh wilayah di atas desa.

(tim/arh)

Artikel ini telah dibaca 8 kali

badge-check

Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Teori Konspirasi Penembakan Trump Viral di X saat Musk Akui Dukungan

19 September 2024 - 04:14

Daftar Daerah Terancam Cuaca Ekstrem Saat Kemarau Mulai Menyapa

18 September 2024 - 21:15

Budi Arie Diskusikan Pengembangan Satelit LEO dengan Sekjen ITU

18 September 2024 - 08:15

Trending di Teknologi