Menu

Mode Gelap

Teknologi · 21 Jun 2024

Ahli Ungkap Penyebab Gelombang Panas Landa Jemaah Haji di Saudi


					Ahli Ungkap Penyebab Gelombang Panas Landa Jemaah Haji di Saudi Perbesar

Jakarta, jurnalpijar.com.

Para ahli mengatakan serangan panas yang menewaskan jamaah haji di Arab Saudi diyakini terkait erat dengan perubahan iklim, yang disebabkan oleh perilaku manusia.

Haji tahun ini yang dimulai pada 14 Juni diikuti oleh hampir 2 juta umat Islam dari 180 negara. Seperti tahun lalu, panas kembali meningkat.

Ayman Ghulam, direktur Pusat Meteorologi Nasional Arab Saudi, mengatakan kepada DW: “Musim haji tahun ini diperkirakan akan meningkatkan suhu rata-rata di Mekah dan Madinah sebesar 1,5 hingga 2 derajat Celcius.”

Di Mekkah, suhu kemungkinan akan meningkat karena suhu rata-rata bisa mencapai sekitar 44 derajat Celcius.

Untuk meredam panas, seluruh alun-alun utama di Mekkah dan Madinah dilengkapi dengan sistem pendingin portabel. Selain itu, lantai Masjidil Haram Mekkah dan tenda-tenda di sekitarnya akan dipanaskan.

Persoalannya, ibadah haji tidak hanya dilakukan di lingkungan ber-AC. Jamaah haji harus menghabiskan 30 jam di luar ruangan, termasuk satu hari antara matahari terbit dan terbenam di Arafah.

Juru Bicara Kementerian Kesehatan Arab Saudi Mohammad Al-Abdali menyatakan, pada Minggu (16/6), lebih dari 2.760 jemaah haji menderita sengatan matahari dan panas menyengat. Saat itu, suhu di Mekkah mencapai 47 derajat Celcius.

Pada tahun 2023, suhu juga meningkat hingga 48 derajat Celcius. Menurut surat kabar lokal Saudi Gazette, sekitar 8.400 jamaah menderita tekanan panas.

Menurut penelitian terbaru yang diterbitkan dalam Journal of Travel Medicine, jamaah haji dari negara-negara yang suhunya tidak terlalu hangat memiliki kemungkinan 4,5 kali lebih besar untuk meninggal dibandingkan penduduk lokal yang terbiasa dengan suhu yang lebih tinggi. Krisis iklim

Peningkatan suhu yang membahayakan jamaah haji erat kaitannya dengan perubahan iklim global.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Universitas Sains dan Teknologi Raja Abdullah (KAUST) di Arab Saudi menemukan bahwa suhu telah meningkat sebesar 0,48 derajat per dekade selama 40 tahun terakhir.

Penelitian menunjukkan bahwa antara tahun 1979 dan 2019 terjadi perubahan suhu yang signifikan di kota-kota besar di Arab Saudi, antara lain Mekah (+2,28 derajat Celcius), Jeddah (+1,57 derajat Celcius), Riyadh (+2,79 derajat Celcius) dan. Sial (+1,88 derajat Celsius). ).

Peningkatan suhu ini, menurut para peneliti, “mewakili peningkatan tahunan rata-rata sebesar 0,48 derajat selama satu dekade.”

Para penulis mengaitkan kenaikan suhu ini dengan pertumbuhan populasi dan aktivitas industri di Kerajaan, khususnya meningkatnya permintaan infrastruktur tenaga listrik yang diproyeksikan meningkat sebesar 22% pada tahun 2030 dibandingkan tahun 2018.

“Dalam kondisi paling ekstrem, suhu di Semenanjung Arab bisa meningkat sebesar 5,6 derajat Celcius pada akhir abad ini,” tulis para penulis.

Secara khusus, laju pemanasan global sebesar 1,5°C di atas tingkat pra-industri akan meningkatkan suhu di Semenanjung Arab sebesar 2,2°C; Perubahan iklim global sebesar 2°C akan menyebabkan peningkatan sebesar 2,9°C. Dan dengan pemanasan global sebesar 4 derajat Celcius, suhu meningkat sebesar 5,6 derajat Celcius.

Climate Center, sebuah organisasi nirlaba yang terdiri dari para ahli meteorologi, juga memperkirakan rata-rata suhu harian di banyak wilayah, termasuk Arab Saudi, akan mencapai level 5 pada Indeks Perubahan Iklim (CSI).

CSI level 5 berarti perubahan iklim yang disebabkan oleh manusia meningkatkan suhu setidaknya lima kali lipat, yang mengindikasikan peristiwa perubahan iklim yang besar. proyek saudi

Tobias Zumbrägel, peneliti di Departemen Geografi Manusia di Universitas Heidelberg, menyoroti beberapa rencana iklim Saudi yang setengah hati.

Terkait transformasi energi yang dilakukan Arab Saudi, yang merupakan bagian dari tinjauan ekonomi dan sosial Visi 2030, dengan fokus pada menghindari penjualan minyak dan gas serta meningkatkan energi terbarukan, menurutnya hal itu belum cukup.

“Selain itu, penggunaan teknologi ramah iklim seperti hidrogen menimbulkan lebih banyak masalah, karena banyak taman surya besar yang sedang dibangun dibersihkan secara rutin dengan air bersih,” kata Zumbrägel kepada DW.

Contoh lainnya adalah proyek Taman Raja Salman di Riyadh yang dipromosikan sebagai taman hiburan terbesar di dunia dengan kawasan hijau subur.

“Proyek ramah lingkungan yang besar seperti ini memperburuk masalah air,” katanya.

“Kontradiksi ini menunjukkan bahwa perubahan iklim ditanggapi dengan serius, namun hanya di beberapa bidang saja yang dilakukan penyesuaian, sementara aspek lainnya hanya mendapat sedikit perhatian.”

Zumbrägel juga memperkirakan akan lebih banyak badai pasir dan angin, naiknya permukaan air laut, dan berkurangnya air di wilayah yang sudah kering ini.

“Beberapa perkiraan menunjukkan bahwa sebagian Semenanjung Arab tidak akan bisa dihuni pada akhir abad ini,” katanya.

(tim/kanan)

Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Teori Konspirasi Penembakan Trump Viral di X saat Musk Akui Dukungan

19 September 2024 - 04:14

Daftar Daerah Terancam Cuaca Ekstrem Saat Kemarau Mulai Menyapa

18 September 2024 - 21:15

Budi Arie Diskusikan Pengembangan Satelit LEO dengan Sekjen ITU

18 September 2024 - 08:15

Trending di Teknologi