Menu

Mode Gelap

Teknologi · 11 Jul 2024

Ahli Ungkap Penyebab Kemunculan ‘Gerbang Neraka’ di Turkmenistan


					Ahli Ungkap Penyebab Kemunculan ‘Gerbang Neraka’ di Turkmenistan Perbesar

Jakarta, jurnalpijar.com —

Lubang api berbahan bakar metana “Gerbang Neraka” telah terbakar sejak tahun 1971 di gurun Turkmenistan. Apa yang menyebabkan penciptaannya?

Gerbang Neraka, juga dikenal sebagai Gerbang Kawah, terletak di dekat desa dengan nama yang sama. Kawah ini dipenuhi dengan metana dan api gurun Turkmenistan.

Georges Kuronis, peneliti asal Kanada, menjadi orang pertama yang “tenggelam” langsung ke dalam kawah pada tahun 2013. Kuronis mengatakan alasan munculnya “gerbang neraka” ini masih menjadi misteri yang harus dipecahkan.

“Kisah pembentukan [kawah] ini masih menjadi misteri, dan tidak ada tempat lain yang seperti ini di Bumi,” kata Kurounis kepada National Geographic, menurut The Guardian.

“Ini sangat unik karena tidak ada tempat lain yang memiliki lubang pembakaran metana yang dikeluarkan dari dalam tanah dengan tekanan setinggi itu,” katanya.

Asal usul Kawah Vaarti, atau Gerbang Neraka, masih diperdebatkan secara luas, namun teori yang paling umum diajukan dan paling mudah diterima adalah pengaruh ekspedisi Soviet terhadap eksplorasi gas alam.

Anatoly Bushmakin, ahli geologi Turkmenistan, mengklaim bahwa sumur tersebut dibakar pada tahun 1971 karena khawatir akan mengeluarkan gas beracun.

“Ahli geologi Soviet mulai mengebor sumur di situs ini pada tahun 1971 untuk mencari gas,” kata ahli geologi Turkmenistan Anatoly Bushmakin seperti dikutip AFP.

Menurut dia, anjungan pengeboran tersebut tiba-tiba terkubur di dalam gua bawah tanah dan terbentuklah lubang yang dalam.

Lubang tersebut menyebabkan tanah di sekitar rig runtuh sehingga menyebabkan runtuhnya infrastruktur pengeboran dan kebocoran cadangan gas alam secara besar-besaran.

Segera setelah tanah terbuka, gas metana dan asap berbahaya lainnya mulai keluar dari kawah dengan diameter sekitar 70 meter dan kedalaman 30 meter.

Pada saat itu, para ahli geologi sedang mencari cara untuk melindungi penduduk desa dari gas beracun akibat insiden tersebut. Mereka kemudian membakar dinding kawah dan mengira api akan membakar metana selama berminggu-minggu sebelum akhirnya padam.

“Para ilmuwan yang khawatir kawah tersebut akan mengeluarkan gas beracun, mengira gas tersebut akan terbakar dengan cepat sehingga apinya akan padam, sehingga mereka memutuskan untuk membakarnya,” kata Bushmakin.

Namun, api masih terus menyala. 53 tahun kemudian, Api di Gerbang Kawah Gas masih berkobar.

Kawah tersebut berada di atas Cekungan Amu Darya, kawasan minyak dan gas alam yang sangat produktif yang mencakup Turkmenistan dan Uzbekistan. Gas alam dalam jumlah besar, terutama metana, keluar dari kerak bumi ke seluruh cekungan.

Kawah-kawah ini mungkin disebabkan oleh reservoir gas metana yang mudah terbakar, yang menyediakan bahan bakar yang tidak terbatas untuk terjadinya kebakaran. Kawah tersebut diyakini berisi sisa-sisa penggalian yang terbakar.

Cagar Alam

Meskipun lubang tersebut berbahaya, lubang tersebut tidak dipagari dan para pencari sensasi ekstrem dapat berdiri tepat di sebelahnya. Namun hal ini sangat berisiko karena tanah berpasir sering kali runtuh.

“Wisatawan asing yang mengunjungi kawah yang terbakar memiliki perasaan campur aduk. Mereka terkejut dengan pemandangan tersebut, namun mereka juga mengagumi kecerobohan warga Turkmenistan yang membiarkan gas tersebut terbakar selama bertahun-tahun,” kata Begli Atayev, 40, yang bekerja. di wilayah tersebut. Agen perjalanan di Ashgabat.

Tahun lalu, Presiden Turkmenistan Gurbanguly Berdimuhamedov menetapkan cagar alam nasional seluas 90.000 hektar (220.000 hektar) di gurun Karagum, termasuk Kawah Derweze.

Ovaz Gurbanov, pegawai Institut Nasional Gurun, Flora dan Fauna, mengatakan: “Tugas utama cagar alam baru ini adalah melindungi salah satu gurun terbesar di planet ini dan menyelesaikan masalah lingkungannya.”

Keanekaragaman flora dan fauna di kawasan ini menjadikannya tempat yang sangat baik untuk penelitian dan ekowisata.

Pemandangan seperti kawah yang terbakar sangat menarik minat para pelancong dan peneliti di berbagai bidang, tambahnya.

Wisatawan dapat naik safari jip dan sepeda quad atau menunggang unta melintasi bukit pasir yang terus berubah di Karakum, kata pejabat pariwisata negara bagian.

“Tugas utama kami adalah menciptakan citra Turkmenistan yang menarik sebagai tujuan wisata. (tim/dmi)

Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Risau Ancaman Starlink, China Bakal Buat Konstelasi Satelit Tandingan

20 September 2024 - 15:15

Teori Konspirasi Penembakan Trump Viral di X saat Musk Akui Dukungan

19 September 2024 - 04:14

Daftar Daerah Terancam Cuaca Ekstrem Saat Kemarau Mulai Menyapa

18 September 2024 - 21:15

Trending di Teknologi