Menu

Mode Gelap

Hiburan · 12 Jul 2024

Maliq & D’Essentials Rilis Album ke-9, Can Machines Fall in Love?


					Maliq & D’Essentials Rilis Album ke-9, Can Machines Fall in Love? Perbesar

Jakarta, jurnalpijar.com —

Maliq & D’Essentials merilis album kesembilan bertajuk Bisakah Mesin Jatuh Cinta? pada Kamis (30/5), tepatnya pukul 00.00 WIB. Album terakhir ini terdiri dari 7 lagu baru.

Lagu dari album Bisakah Mesin Jatuh Cinta? bagaimana mengajak pendengar dari track pertama hingga ketujuh lewat kisah seseorang yang sedang jatuh cinta. Album ini diawali dengan lagu Intro dan Dadidu di Dada, lalu dilanjutkan dengan lagu Oduh.

Dalam album ini Maliq & D’Essentials masih mempunyai nuansa musik yang tidak terlalu berbeda dengan musik-musik mereka sebelumnya. Namun lirik-lirik dalam album ini terkesan lebih brutal dan membumi dibandingkan rangkaian lirik puitis yang identik dengan karya Maliq & D’Essentials lainnya.

Beberapa lagu di album ini memiliki nuansa yang lebih tenang dan mendalam dibandingkan beberapa lagu yang memiliki nuansa upbeat. Seperti pada lagu Terang Terang dan This Is So yang hadir dengan melodi lambat dan instrumen lebih lambat.

Kedua lagu tersebut juga dianggap mengembalikan ciri puitis lagu Maliq & D’Essentials. Instrumen kedua lagu tersebut juga konsisten hingga track 07 lagu Last Days. Meski begitu, nuansa frontal yang upbeat dan centil masih kental terasa pada lagu Oduh dan Kita Bikin Romantis yang viral di media sosial.

Lirik Bisakah Mesin Jatuh Cinta? juga dibawakan oleh enam anggota orkestra. Widi salah satu personel Maliq & D’Essentials mengatakan, persoalan besar penulisan lirik lagu untuk album ini sebaiknya tidak dianggap terlalu serius. Bahkan pilihan aransemen musik mengalir begitu saja tanpa rencana khusus.

“Kami tidak terlalu memikirkan lirik album ini, apakah kami akan jatuh cinta, apakah kami akan sedih. Kami semua ada di tempatnya, yang relevan dengan anak-anak,” kata Widi dalam keterangannya yang dilansir CNNIndonesia. diterima. com.

“Hampir semua liriknya nggak keluar mentah-mentah. Semua anak-anak pasti paham dengan penulisannya. Kalau aransemennya mengacu pada album 1-4. Itu tentang musik MALIQ,” sambungnya.

Sedangkan pilihan judul album Can Machines Fall in Love? Hal itu diakui Widi sebagai wujud pengalaman pribadi Maliq & D’Essentials selama menggarap album di tengah kecanggihan teknologi.

“Mungkin yang paling menarik saat ini adalah bagaimana AI (kecerdasan buatan) dapat mempengaruhi kreativitas, cara kita bekerja, dan cara kita berproduksi,” kata Widi.

“Kami tidak membenci teknologi, tapi menurut kami perasaan masih menjadi cara terkuat untuk menjangkau pendengar dan kami tidak percaya teknologi bisa menggantikannya,” jelas Widi.

Bisakah mesin jatuh cinta pada album? anggota Maliq & D’Essentials menjalani lokakarya selama hampir satu tahun mulai bulan Juni 2023. Karya kesembilan ini juga menandakan serangkaian rencana yang akan dilaksanakan kelompok tersebut pada tahun ini.

Berikut track list dari album Can Machines Fall in Love? dimiliki oleh Maliq & D’Essentials.

1. Pendahuluan 2. Dadidu di Dada3. Oh 4. Sejujurnya 5. Mari kita buat menjadi romantis 6. Ini dia 7. Hari terakhir (dari/sebelum)

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Pam Pam Shaggydog Meninggal Dunia

20 September 2024 - 12:16

Daftar 11 Pemeran Baru di One Piece Live Action Season 2

19 September 2024 - 22:19

Mengulik Peran Media Beri Ruang untuk Perempuan dan Disabilitas

19 September 2024 - 20:14

Trending di Hiburan