Menu

Mode Gelap

Teknologi · 29 Jul 2024

Google Luncurkan Sederet Fitur AI Baru di I/O 2024


					Google Luncurkan Sederet Fitur AI Baru di I/O 2024 Perbesar

Jakarta, jurnalpijar.com —

Google memamerkan segudang fitur kecerdasan buatan (AI) baru di I/O 2024, mulai dari Gemini 1.5 Flash yang lebih gesit hingga AI Assistant.

Pada bulan Desember 2023, Google meluncurkan model AI multimodal Gemini 1.0 dalam tiga varian yakni Ultra, Pro, dan Nano.

Beberapa bulan kemudian, raksasa teknologi ini meluncurkan versi terbarunya, Gemini 1.5 Pro, dengan kinerja lebih kuat dan konteks lebih panjang hingga 1 juta token.

Google kini memperkenalkan versi Gemini 1.5 atau Gemini 1.5 Flash yang lebih gesit.

“Memperkenalkan Gemini 1.5 Flash. Flash adalah model yang lebih ringan daripada Pro, dirancang agar cepat dan hemat biaya untuk melayani dalam skala besar, namun tetap memiliki kemampuan penalaran multimodal dan penetrasi konteks yang panjang. Dioptimalkan untuk tugas-tugas penting yang tertunda.

“Gemini 1.5 Flash akan tersedia untuk dilihat publik di AI Studio AI dan Vertex AI pada Selasa (15/5),” imbuhnya.

Model multimodal adalah model pembelajaran mesin yang dapat memproses informasi dari berbagai modalitas, seperti gambar, video, dan teks.

Dalam hal ini, model multimodal Google, Gemini, dapat mengambil foto sepiring kue sebagai masukan dan menghasilkan resep tertulis sebagai tanggapan, dan sebaliknya.

Bersamaan dengan peluncuran Gemini 1.5 Flash, Google juga menyempurnakan Gemini 1.5 Pro dengan menyediakan 2 juta token konteks.

Google juga meningkatkan pengembangan data dan algoritme dalam pengkodean, penalaran dan desain, percakapan multi-arah, serta pemahaman suara dan gambar.

Oleh karena itu, Gemini 1.5 Pro kini dapat mengikuti arahan yang semakin kompleks dan beragam, termasuk arahan yang mendefinisikan perilaku tingkat produk seperti peran, format, dan gaya.

Selain itu, Google juga memperkenalkan Gemini Live yang akan dirilis dalam beberapa bulan mendatang. Dengan Gemini Live, Anda dapat mengobrol dengan Gemini yang memiliki 10 gaya suara dan bicara.

Anda bahkan dapat mempercepat percakapan atau menyelanya dengan pertanyaan klarifikasi, seperti percakapan manusia pada umumnya.

Fitur ini dapat berguna dalam situasi tertentu, seperti persiapan wawancara yang memerlukan latihan atau tips.

Gemini Live juga memiliki fitur yang memungkinkan penggunanya menggunakan kamera, sehingga percakapan antara Anda dan Gemini dapat membahas lingkungan sekitar.

Google kini melengkapi fitur terpopulernya, Google Search, dengan kecerdasan buatan generatif. Berbekal teknologi tersebut, proses pencarian informasi dengan mesin ini dikatakan lebih mudah.

Salah satu fitur yang muncul di pencarian Google adalah AI preview. Fitur ini memungkinkan Anda menyederhanakan topik yang dicari pengguna di Google.

Sayangnya fitur ini hanya akan tersedia untuk pengguna di Amerika Serikat (AS). Pengguna di negara lain mungkin dapat menikmati fitur ini di masa mendatang.

“Saya sangat gembira untuk mengumumkan bahwa minggu ini kami mulai meluncurkan pengalaman penelusuran kami yang baru dan sepenuhnya diperbarui dengan pratinjau AI kepada semua orang di AS. Dan dalam waktu dekat, kami akan meluncurkannya ke lebih banyak negara,” kata CEO Sundar Pichai. Google dan Alfabet.

(pecah/lengkungan)

Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Teori Konspirasi Penembakan Trump Viral di X saat Musk Akui Dukungan

19 September 2024 - 04:14

Daftar Daerah Terancam Cuaca Ekstrem Saat Kemarau Mulai Menyapa

18 September 2024 - 21:15

Budi Arie Diskusikan Pengembangan Satelit LEO dengan Sekjen ITU

18 September 2024 - 08:15

Trending di Teknologi