Menu

Mode Gelap

Hiburan · 30 Jul 2024

5 Perbedaan Game Show Clash of Champions dan University War


					5 Perbedaan Game Show Clash of Champions dan University War Perbesar

Jakarta, jurnalpijar.com —

Serial Ruangguru Clash of Champions menjadi perbincangan hangat usai perilisan dua episodenya pada 29 dan 30 Juni 2024. Serial web bergaya pertunjukan game ini telah menjadi viral dan telah ditonton jutaan kali sejak dirilis di YouTube.

Popularitas Clash of Champions melejit karena demo game tersebut beradu dengan pikiran para mahasiswa berbakat dari universitas ternama di Indonesia.

Namun, beberapa netizen juga menyebutkan bahwa acara tersebut mirip dengan acara permainan Korea University War yang terdiri dari delapan episode, yang tayang perdana pada 3 November 2023. 

Clash of Champions dan University War serupa karena merupakan game show yang menampilkan adu kecerdasan antar siswa yang cerdas. Kemasan kedua seri ini juga cukup mirip.

Ruangguru sendiri menyatakan dalam situs resminya bahwa Clash of Champions merupakan game bertema edukasi yang mirip dengan University War.

Namun Clash of Champions dan University War berbeda. Perbedaannya, mulai dari peserta hingga sistem penyisihannya, terlihat dari beberapa hal.

Berikut lima perbedaan Clash of Champions dan University War.

1. Latar belakang universitas

Clash of Champions dan University War memiliki perbedaan dalam hal partisipasi. Peserta pertama perang universitas hanya berasal dari lima universitas Korea.

Sedangkan peserta Clash of Champions memiliki latar belakang akademis yang lebih beragam. Sekitar 40 mahasiswa dari 14 universitas di Indonesia dibagi menjadi lima kelompok dan mengikuti permainan tersebut.

2. Peserta

Perbedaan University War dan Clash of Champions juga terlihat pada format pesertanya. Dalam University War, peserta berkompetisi dalam kelompok berdasarkan kampusnya masing-masing.

Artinya, setiap kampus diwakili oleh empat mahasiswa terbaik selama Perang Universitas. Mereka kemudian harus bekerja sama untuk menyelesaikan semua misi yang ditugaskan.

Sedangkan peserta Clash of Champions saling bertanding secara individu. Mereka tidak terlalu mewakili universitas, karena jumlah delegasi di setiap kampus tidak sama.

Lanjutkan berikutnya…

Artikel ini telah dibaca 3 kali

badge-check

Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Pam Pam Shaggydog Meninggal Dunia

20 September 2024 - 12:16

Daftar 11 Pemeran Baru di One Piece Live Action Season 2

19 September 2024 - 22:19

Mengulik Peran Media Beri Ruang untuk Perempuan dan Disabilitas

19 September 2024 - 20:14

Trending di Hiburan