Menu

Mode Gelap

Teknologi · 3 Agu 2024

Cara Cegah Dimasukkan ke Grup WhatsApp Sembarangan


					Cara Cegah Dimasukkan ke Grup WhatsApp Sembarangan Perbesar

Jakarta, Indonesia —

Aplikasi pesan instan WhatsApp memiliki sejumlah fitur untuk mencegah pengguna menambahkan grup yang tidak dikenal secara tidak sengaja. Lihat bagaimana.

Whatsapp saat ini menjadi salah satu aplikasi pesan instan terpopuler di Indonesia dan digunakan untuk berbagai kebutuhan mulai dari pribadi hingga profesional.

Oleh karena itu, tidak jarang kita membocorkan nomor kontak kita untuk mengundang orang asing ke grup kita. Misalnya pinjaman kelompok bertujuan untuk mencegah debitur.

Namun WhatsApp memiliki fitur privasi untuk membatasi siapa saja yang dapat mengundang Anda ke grup. Fitur ini memberi pengguna tiga pilihan untuk memilih siapa yang dapat mereka undang ke grup.

Opsi pertama adalah “Semua Orang” atau Everyone, yang memungkinkan Anda mengundang siapa pun ke grup, termasuk orang yang kontaknya belum Anda simpan.

Lalu ada opsi “Motion Contacts” atau Kontak Saya yang artinya Anda hanya akan diundang ke grup oleh pengguna lain yang ada di buku alamatnya.

Terakhir, opsi “Kontak saya, kecuali…” atau Kontak saya, kecuali memungkinkan Anda menambahkan hanya pengguna lain ke kontak Anda dengan pengecualian beberapa kontak.

Secara default, WhatsApp menetapkan rahasia grup untuk semua orang.

“Secara default, pengaturan grup Anda disetel ke pribadi. Dengan cara ini, Anda dapat dengan mudah terhubung dengan teman dan keluarga, meskipun Anda tidak ada dalam daftar kontak,” tulis WhatsApp di halaman dukungannya.

Berikut cara menjaga privasi WhatsApp agar tidak masuk ke grup sembarangan:

1. Buka aplikasi WhatsApp

2. Klik ikon titik tiga di pojok kanan atas dan pilih menu Pengaturan

3. Pilih menu Privasi

4. Pilih menu Grup

5. Pilih siapa yang dapat mengundang Anda ke grup.

Pengaturan privasi grup ini hanya bisa dilakukan di aplikasi dan bukan di WhatsApp Web atau desktop.

Selain itu, WhatsApp juga sedang menguji fitur yang memungkinkan Anda mengirimkan informasi tentang grup tak dikenal untuk mengundang Anda.

Di Verge, fitur bernama kartu kontekstual akan berisi informasi seperti siapa yang membuat grup, kapan grup dibuat, deskripsi grup, dan apakah orang yang mengundang Anda ada dalam daftar kontaknya.

Fitur ini dikatakan hadir untuk lebih melindungi pengguna dari spam atau aktivitas penipuan dalam pesan grup.

Fitur tersebut juga menyediakan tombol yang memungkinkan pengguna meninggalkan grup pesan dengan cepat, serta tautan ke informasi tentang alat keamanan WhatsApp.

(lom/ah)

Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Teori Konspirasi Penembakan Trump Viral di X saat Musk Akui Dukungan

19 September 2024 - 04:14

Daftar Daerah Terancam Cuaca Ekstrem Saat Kemarau Mulai Menyapa

18 September 2024 - 21:15

Budi Arie Diskusikan Pengembangan Satelit LEO dengan Sekjen ITU

18 September 2024 - 08:15

Trending di Teknologi